Berikut Dampak Buruk Menggunakan Earphone, Hingga Efek Buruk Pada Otak

Handphone berikut Earphone. KONTEN INDONESIA / Foto Istimewa

KONTENINDONESIA.COM – Anda pasti tidak asing dengan pemandangan orang-orang yang menggunakan alat pendengar (Earphone) atau headphone diberbagai tempat publik. Ada yang menggunakannya saat di kereta api, busway, pengendara motor, kantor, bahkan seseorang yang sedang berjalan sekalipun. Earphone memang alat teknologi yang saat ini penggunaannya sudah seperti menjadi suatu kebutuhan.

Tapi, tahukah Anda efek samping dari penggunaan Earphone yang terlalu sering bagi kesehatan??? Simak rangkumannya dibawah ini.

1. Tingkat Desibel
Desibel adalah pengukuran kenyaringan. Jika Anda mendengarkan musik dengan volume yang terkendali, maka Anda tidak perlu khawatir. Namun, jika Anda mendengarkan musik dengan volume tertinggi mungkin ingin mempertimbangkan peringatan yang muncul.

Bila Anda mendengarkan musik menggunakan Earphone pada 85 desibel hingga delapan jam sehari, Anda bisa mendapatkan gangguan pendengaran permanen. Pada 88 desibel, Anda bisa mendapatkan hasil yang sama hanya dalam waktu empat jam. Maka dari itu, apabila Anda mendengarkan dengan volume tertinggi atau mencapai 100-105 desibel, Anda bisa kehilangan pendengaran hanya dalam 15 menit.

2. Gangguan Pendengaran
Salah satu efek samping utama mendengarkan musik keras adalah gangguan pendengaran. Menurut Brian Fligor, Direktur Audiologi Diagnostik di Rumah Sakit Anak Boston, orang-orang yang mendengarkan musik dengan volume melebihi 90 desibel, dapat menderita kehilangan pendengaran sementara. Suara dalam rentang ini pada akhirnya bisa menyebabkan gangguan pendengaran permanen, terutama pada remaja yang memakai Earphone mereka dalam jangka waktu lama.

3. Infeksi Telinga
Karena earphone dibuat untuk dua telinga, sangat tak terelakkan bahwa orang membaginya. Menurut Manchester Evening News, penggunaan Earphone secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri berbahaya, dan berbagi atau meminjam Earphone hanya dapat menyebabkan transfer bakteri orang lain ke telinga Anda. Pemimpin penelitian, Chiranjay Mukhopadhyay, menyarankan semua orang untuk tidak berbagi Earphone. Jika memang ingin berbagi, sebaiknya bersihkan terlebih dulu.

4. Efek Buruk Pada Otak
Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh Earphone dan Headphone dapat menyebabkan bahaya serius bagi otak Anda. Memang belum ada bukti medis yang kuat untuk membuktikannya, namun orang yang pengguna Bluetooth, Headphone dan Earphone sehari-hari, telah ditemukan lebih rentan terhadap masalah terkait otak. Telinga bagian dalam berhubungan langsung dengan otak, bahkan sedikit infeksi di telinga, bagian dalam dapat secara langsung mempengaruhi otak dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

5. Kecelakaan yang Mengancam Hidup
Jumlah kecelakaan akibat orang-orang yang menggunakan Earphone semakin meningkat. Kecelakaan mobil, kecelakaan motor, kecelakaan pengguna jalan, bahkan kecelakaan kereta yang melibatkan orang-orang yang menggunakan Headphone atau Earphone telah meningkat dengan tingkat yang mengkhawatirkan.

Seseorang yang tidak dapat mendengar klakson atau suara kendaraan lain menjadi korban, dari beberapa kecelakaan yang tidak menguntungkan. Tidak jarang, untuk menyelamatkan nyawa orang yang menggunakan Headphone atau Earphone, kehidupan orang lain menjadi dalam bahaya.***

 

 

 

Sumber : Tempo.co

Print Friendly, PDF & Email
Be Sociable, Share!
tags: , , ,

Related For Berikut Dampak Buruk Menggunakan Earphone, Hingga Efek Buruk Pada Otak