Sulit Tidur Karena Banyak Pikiran? Simak 5 Solusi Ini

Seorang wanita yang tampak alami kesusahan tidur. KONTEN INDONESIA / Foto Istimewa

KONTENINDONESIA.COM – Kini, sulit tidur tampak menjadi hal normal, terutama pada era di mana tingkat obsesi pada media sosial tinggi. Beberapa penelitian mulai mengungkapkan efek negatif yang dapat ditimbulkan media sosial pada siklus tidur kita. Tahun 2015 menurut laporan dari Newsweek, hanya sebesar 29 persen laporan milenial yang mengungkapkan bahwa mereka dapat tidur semaksimal mungkin di malam hari.

Namun, bila Anda sudah menghentikan kebiasaan menggunakan media sosial sebelum tidur atau menjauhkan smartphone dari tempat tidur tetapi masih sulit untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, jangan takut.

Berikut ini beberapa cara yang menurut penelitian patut dicoba untuk mendapatkan pikiran yang tenang dan kualitas tidur yang baik, seperti dilansir dari Elite Daily.

1. Lihat langit-langit kamar dan mulai hitung mundur dari 60
Ternyata, menghitung mundur adalah salah satu pilihan yang tepat. Jika Anda mengalami masalah tidur karena pikiran yang tidak tenang, cobalah tatap langit-langit kamar dan mulai menghitung mundur dari 60. Menurut penelitian, menatap ke atas akan merangsang sistem saraf parasimpatis, yang pada akhirnya akan menurunkan tekanan darah Anda dan memperlambat pernapasan. Semua hal tersebut akan menenangkan pikiran dan perlahan membuat Anda lebih mudah untuk tertidur.

2. Dinginkan suhu otak Anda
Penelitian telah menunjukkan bahwa pendinginan suhu otak bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu Anda merasa cukup santai untuk tertidur, terutama jika memiliki masalah insomnia. Dilansir dari Time, bahwa penderita insomnia sering memiliki lobus frontal yang terlalu aktif (bagian otak yang terkait dengan perilaku dan pembelajaran), yang dapat membuat lebih sulit untuk tertidur di malam hari. Gunakan penutup mata untuk tidur ternyata dianggap bisa menurunkan suhu otak sehingga memungkinkan aktivitas otak yang terlalu aktif suhunya dapat menurun.

3. Fokus pada pernapasan Anda
Latihan meditasi dan pernapasan adalah cara terbaik untuk menenangkan pikiran dari hal-hal mengganggu, sekaligus memungkinkan tubuh Anda rileks untuk tidur. Cobalah bernapas melalui hidung dan keluar melalui mulut dengan pola yang dalam dan berirama. Pernapasan dalam akan memperlambat detak jantung, dan memusatkan perhatian pada ritme akan menghilangkan gangguan lain dari pikiran Anda.

4. Mandi air panas
Menurut penelitian, ternyata mandi menggunakan air panas sebelum tidur akan mengendurkan otot dan menaikkan suhu tubuh inti (bukan suhu otak). Dan hal ini dapat memicu pikiran Anda tenang dan menjadi mengantuk.

5. Lakukan beberapa latihan mental
Jika menghitung mundur tidak berhasil dilakukan, Anda dapat menjalankan beberapa latihan mental saat berada di tempat tidur. Contohnya, mencoba memikirkan banyak warna dari satu warna. Latihan mental akan mengalihkan perhatian dari pikiran –pikiran seperti hal yang harus dilakukan, orang-orang untuk diajak bicara, atau proyek pekerjaan yang Anda khawatirkan.***

 

 

 

Sumber : Tempo.co

Print Friendly, PDF & Email
Be Sociable, Share!
tags: , , ,

Related For Sulit Tidur Karena Banyak Pikiran? Simak 5 Solusi Ini