BPBD Rencanakan Posko Relawan Darurat Di Tiap Kelurahan

BPBD Kota Tasikmalaya, saat gelar acara pelatihan bencana alam. Konten Jabar / Andi Mulyana

TASIKMALAYA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar), pada hari Kamis 09 Maret 2017, gelar acara pelatihan bencana yang bertempat di halaman kantor BPBD kota Tasikmalaya.

Acara pelatihan tersebut yang di rencanakan selama tiga hari hingga 11 Maret 2017 hari ini, di ikuti oleh sejumlah perwakilan dari 69 masing-masing kelurahan se-Kota Tasikmalaya.

“Acara pelatihan ini untuk latihan terkait antisipasi dan juga penanganan bencana alam. Acaranya di hadiri para perwakilan dari 69 kelurahan di Kota Tasikmalaya,” ucap Kepala BPBD Kota Tasikmalaya, H Soni Sudrajat saat di jumpai Kontenjabar.com, di ruang kerjanya, Sabtu, 11 Maret 2017.

Di katakan H Soni, Antipasi maupun penanganan terkait bencana alam, itu banyak sekali macam kinerjanya, dari kinerja yang ringan hingga kinerja jenis penyelamatan yang beresiko tinggi keselamatan jiwa.

Dalam acara penanggulangan bencana itu, menghadirkan narasumber profesional dari BASARNAS dan juga dari BPBD Provinsi. Untuk pelatihannya, per kelurahan mengutus masing-masing satu orang untuk di latih mengenai cara kerja antisipasi dan juga penanganan bencana alam, serta sekaligus di bentuk satgas. terang H Soni.

Kegiatan ini kata Ia, Merupakan kegiatan untuk pendidikan guna meningkatkan dasar-dasar pemahaman bagi relawan yang baru dan juga pembentukan relawan kelurahan. Tujuannya, tak lain untuk mempercepat proses penanganan darurat bencana alam di wilayahnya masing-masing, dan juga kegiatan pelatihan penganggulangan bencana ini untuk di ikuti para perwakilan dari setiap kelurahan, yang nantinya di jadikan sebagai kordinator.

Untuk langkah kedepan H Soni berujar, Kita akan membuka posko relawan di masing-masing kelurahan, kita juga bisa membina kader-kader relawan baru yang lain nantinya, dan juga di setiap posko di kelurahan itu, akan di pasilitasi dan di tunjang dengan alat-alat keperluannya, dengan harapannya bisa lebih mempercepat penanganan di saat darurat.

“Nantinya ada posko relawan BPBD di tiap kelurahan dengan segala fasilitas kebutuhannya. Di harapkan semua lapisan masyarakat dan pihak pemerintah, supaya bisa mendukung, agar posko relawan satgas ini bisa terwujud dan sesuai dengan harapan.” tutur H Soni. (Andi Mulyana).

Editor : Deni

Print Friendly, PDF & Email
Be Sociable, Share!
tags: ,

Related For BPBD Rencanakan Posko Relawan Darurat Di Tiap Kelurahan