Drainase Tersumbat. Pemerintah Di Minta Cepat Tanggap Agar Tidak Terjadi Banjir

Salah seorang staff Desa / Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, saat menunjukan pekerjaan drainase yang tersumbat di area Jalan Raya Bojong Gede, Senin 02 Oktober 2017. KONTEN INDONESIA / Ibra Hermawan

KAB BOGOR – Kondisi drainase yang tersumbat (mampet) di sepanjang Jalan Raya Bojong Gede, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, saat turun musim hujan belakangan ini mengakibatkan airnya meluap hingga ke ruas badan jalan. Adanya kendala tersebut yang langsung mendapat perhatian dari pihak Pemerintah Desa Bojong Gede, dengan mengintruksikan jajaran LPM dan Limas untuk membersihkan sumbatan drainase tersebut.

Ketua LPM desa Bojong Gede, Joko Sutrisno mengatakan, sebenarnya hal itu sudah sejak lama terjadi. Drainase yang tertutup lumpur dan sampah di depan Ruko sepanjang Jalan Raya tersebut, berpotensi menyebabkan air melimpah ke ruas badan jalan, sehingga sering menjadi keluhan masyarakat terutama para pengguna jalan dan juga bisa menyebabkan penyakit. Bahkan sebelumya, setiap musim hujan kantor desa pun tak luput terendam air limpahan dari ruas jalan.

“Untuk mengatasi hal itu, selain melakukan perbaikan drainase juga mengangkat tumpukan sampah, lumpur yang menyumbat, setidaknya hal itu kita lakukan setiap 2 bulan sekali,” kata Joko, saat di temui Kontenindonesia.com di area desa tersebut, Senin 02 Oktober 2017.

Joko mengatakan, meski hal itu memang bukan kewenangan pihak Pemerintah Desa, yang melainkan adalah kewenangan pihak Provinsi. Namun tindakan ini merupakan preventif untuk menghindari kendala tersebut.

“Sebetulnya ini memang kewenangan pihak Pemerintah Provinsi, bahkan sebelumnya pihak desa sudah pernah menyampaikan ke pihak terkait, agar di lakukan penanganan. Tapi hingga saat ini belum ada tindak lanjutnya,” jelas Joko.

Menurut Joko, sempitnya saluran air yang di tambah kurangnya kesadaran masyarakat dan pemilik toko dalam menjaga kebersihan lingkungan, hal itu menjadi penyebab utama penyumbat drainase, sehingga air tumpah ke badan jalan. Oleh karena itu, di himbau agar masyarakat terutama pemilik pertokoan, untuk selalu bisa menjaga kebersihan dan memperhatikan lingkungan disekitarnya.

“Apalagi sekarang-sekarang ini kan mulai musim hujan, saluran airnya makin dangkal. Apabila di biarkan, saluran air akan terus tersumbat seperti ini. Kami mengimbau kepada pemilik toko untuk memperbaiki jalan masuk ke area pertokoannya yang menutupi drainase tersebut, minimal di tinggikan lah. Disamping itu, kami juga berharap agar pemerintah cepat tanggap mengenai hal-hal seperti itu, agar tidak kejadian banjir.” pungkasnya.

(Ibra Hermawan)

 

 

Kontenindonesia.com

Print Friendly, PDF & Email
Be Sociable, Share!
tags: , , , ,

Related For Drainase Tersumbat. Pemerintah Di Minta Cepat Tanggap Agar Tidak Terjadi Banjir