Napi Yang Meninggal Dunia di Lapas Kelas IIA Jember, Terdapat Luka Lebam Dan Hasil Jeratan Dileher

Sarju Wibowo, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas ll A Jember (kiri), didampdida seorang stafnya, saat memberikan klarifikasi terkait peristiwa meninggalnya seorang warga binaan lapas tersebut berinisial RA, di ruang kerjanya. Sabtu, 25/08/2018. Foto : Evelyne Christanty 

JEMBER – Terkait meninggalnya seorang NaraPidana (Napi) laki-laki berinisial RA (40), warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas llA Jember, Jawa Timur (Jatim), yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di kamar tinggalnya Blok B2 A/18 lapas tersebut, pada Jum’at, 24/08/2018 pagi. Membuat Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Jember tersebut Sarju Wibowo, akhirnya angkat bicara.

“Pada Jum’at, 24/08/2018 sekitar pukul 06.00 WIB pagi hari, saat akan dilakukan pergantian penjagaan petugas, tiba-tiba mendapat laporan bahwa ada seorang warga binaan (Napi) berinisial RA, meninggal dunia, di kamar Blok B2 A/18 Lapas Kelas IIA Jember.” kata Sarju Wibowo, saat diwawancara Kontenindonesia.com di salah satu lokasi Rumah Sakit Dr. Sobandi, Jember, yang merupakan tempat pemeriksaan korban RA. Sabtu, 25/08/2018 siang.

Kondisi dalam Lapas Kelas IIA Jember, Jawa Timur (Jatim), saat sejumlah warga binaannya (Napi) menjalani pemeriksaan Di Mapolres Jember, terkait kematkem korban RA. 

Setelah itu, dikatakan Sarju, korban berinisial RA yang meninggal tersebut, langsung kita bawa ke bagian Poli Clinik. Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap korban di Poli Clinik itu, ternyata hsilnya terdapat luka lebam dibagian dada berikut adanya bekas jeratan dibagian leher korban. Lalu kita berkoordinasi dengan pihak Mapolres Jember, guna memohon agar dilakukan pisum terhadap korban RA. Tidak lama kemudian, pihak dari Mapolres Jember datang untuk melakukan Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), kemkemud mayat kokorba RA tersebut dibawa ke Rumah Sakit Dr. Sobandi, untuk dilakukan pisum.

“Sebanyak 47 orang warga binaan (Napi) dari kamar Blok B2 A/18 yang diisi juga oleh korban RA, sehabis sholat Jum’at kita ambil, semuanya dibawa ke Mapolres Jember untuk dilakukan pemerikasaan terkait kematian korban RA.” terang Sarju.

Hingga pukul 08.00 WIB tadi pagi, Sarju berujar, hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak Kepolisian Polres Jember terhadap sejumlah Napi tersebut, hasilnya terdapat indikasi kekerasan terhadap korban RA, terjadi di dalam kamar lapas blok tersebut yang dihuni sebanyak 73 orang Napi.

“Sebanyak 33 orang Napi lainnya yang sudah selesai menjalani pemeriksaan, dikembalikan lagi ke Lapas untuk menjalani hukuman kembali. Sementara yang 14 orang Napi lainnya, tetap di Mapolres untuk dilakukan pemerikasaan lanjutan. Jumlah penghuni di blok kamar yang diisi korban RA, semuanya ada 73 orang Napi. Untuk lebih jelasnya terkait luka-luka yang dialami korban, silahkan nanti tanya langsung sama Kapolres,” katanya.

Diberitakan KONTEN INDONESIA sebelumnya, RA yang diketahui sebagai tahanan 8 bulan penjara, atas jeratan kasus dengan Pasal 335 KUHP dan satu kasus lainnya, ditemukan oleh warga binaan lainnya dalam kondisi meninggal dunia dengan dada lebam berikut luka tusuk dibagian perut hingga lambung, di Blok B2 A/18 Lapas tersebut. Sehingga, warga binaan yang menemukan jasad RA, langsung melaporkan hal itu kepada petugas lapas. Jum’at, 24/08/2018, sekitar pukul 06.00 WIB pagi.

AKBP Kusworo Wibowo SH.SIK, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Jember tersebut mengatakan, selamat sore rekan-rekan semuanya, berkaitan dengan adanya pemberitaan mengenai Lapas Kelas II A Jember tadi pagi, dimana hal itu terkait adanya seorang warga binaan lapas tersebut berinisial RA, meninggal dunia didalam lapas. Untuk menghindari adanya simpangsiur dalam jenis pemberitaan media massa, sehingga sempat ada yang mengatakan telah terjadi kerusuhan di lapas tersebut, padahal bukan kerusuhan yang terjadi disana.

“Kronologis sebenarnya adalah, tadi pagi pada jam 06.00 WIB, petugas Reskrim Polres Jember mendapatkan informasi dari petugas lapas, yang mana awalnya informasi itu didapat petugas lapas dari warga binaannya sendiri, dimana pada pagi itu telah ditemukan seorang warga binaan yang meninggal dunia berinisial RA.” kata AKBP Kusworo, menerangkan peristiwa tersebut melalui pesan suara singkat WhatsApp yang diterima sejumlah wartawan. Jum’at, 24/08/2018 sore.

 

Penulis : Evelyne Christanty
Editor   : Deni

Print Friendly, PDF & Email
Be Sociable, Share!
tags: , , , ,

Related For Napi Yang Meninggal Dunia di Lapas Kelas IIA Jember, Terdapat Luka Lebam Dan Hasil Jeratan Dileher