Ulama Se-Aceh Gelar Muzakarah Di Aceh Timur

oleh -78 views
Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM. Thaib (6 kiri) bersama unsur Forkopimda dan Alim Ulama usai Pelaksanaan Muzakarah Ulama Se-Aceh di Dayah Al-Maimanah, Gampong Keude Dua, Kec. Darul Ihsan, Kab. Aceh Timur, Provinsi Aceh, Minggu (24/2/2019). Foto:  Zulkifli.

ACEH TIMUR – Menyikapi berbagai perselisihan hukum yang muncul ditengah-tengah umat, Pimpinan dayah dan Ulama Kharismatik menggelar Muzakarah Ulama Se-Aceh Tahun 2019 di Dayah Al-Maimanah, Gampong Keude Dua, Kecamatan Darul Ihsan, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, pada Minggu (24/2/2019).

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 09:00 Wib tersebut selesai sekitar pukul 13:00 Wib. Adapun Ulama yang hadir yakni Tgk. H. M. Daud Hasbi (Banda Aceh), Tgk. H. Abdul Manan (Aceh Utara), Tgk. H. Abdul Wahab (Aceh Timur), Tgk H. Kamaluddin Arby (Aceh Timur), Tgk. M. Djafar (Aceh Utara), Tgk. H. Muhammad Ismi, Lc, MA (Banda Aceh), dan beberapa ulama lainnya.

Acara Muzakarah tersebut juga turut dihadiri oleh sejumlah unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Timur diantaranya, Dandim 0104/Aceh Timur Letkol. Inf. M. Iqbal Lubis, Wakapolres Aceh Timur Kompol Warosidi, SH, MH, Ketua DPRK Aceh Timur Marzuki Ajad atau Panglima Misee, Ketua MPU Aceh Timur Tgk. H. M. Nur (Abu Keunire), para kepala SKPK, para Camat dan ratusan tamu undangan lainnya.

Dalam Muzakarah Ulama Tahun 2019 ini membahastentang pemahaman hukum fiqih yang memiliki kebingunngan di kalangan masyarakat awam. Isu tersebut sengaja diangkat karena dinilai kian marak diperbincangkan dan kerap terjadi selisih paham dalam tata cara beribadah.

Permasalahan umat yang dibahas itu adalah cara taubat orang yang memiliki percampuran harta halal dan haram. Selanjutnya, arah kepala jenazah diletakkan ketika dilaksanakan salat jenazah. Begitu juga dengan hukum membaca Alqur’an sebelum memandikan mayit.

Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM. Thaib atau Rocky, disela-sela Muzakarah Ulama menjelaskan, muzakarah tersebut diharapkan menjadi motivator Qanun Aceh Nomor 5 Tahun 200 tentang Pelaksanaan Syariat Islam (SI), karena salah satu uraian terpenting adalah pelaksanaan ibadah dan muamalah berdasarkan pemahaman Mazhab Syafi’i.

“Kedepan harapan kita di pemerintahan adalah berbagai persoalan umat yang dibahas dalam muzakarah ini dapat meghasilkan titik temu sebagai rekomendasi untuk MPU Aceh,” ujar Rocky sembari mengucapkan ribuan terimakasih yang tak terhingga terhadap alim ulama yang hadir ke Aceh Timur untuk membahas berbagai persoalan umat disana.

 

 

Reporter : Zulkifli

Editor      : M. Dofir Ibrahim