GBN-16, Wabup Optimis Jember Bisa Expor Buah

oleh -428 views

JEMBER – Wakil Bupati (Wabup) Jember, Muhammad Balya Firjaun Barlaman meyakini potensi Kabupaten Jember begitu kaya dengan buah-buahan lokal yang potensial, dan mampu menembus pasar internasional.

Menembus pasar internasional (ekspor) ujarnya akan ditempuh guna menumbuhkan ekonomi “Kabupaten Jember memiliki banyak potensi buah-buahan yang layak untuk di jual di pasar internasional” ujarnya saat Video Conference Pembukaan Gelar Buah Nusantara (GBN) ke- 16 tahun, di Ruang Lobby Bupati, senin (9/8/2021).

“Ada buah jeruk, manggis, pisang, dan alpukat, tapi yang jelas untuk hasil buah yang cukup tinggi yakni jeruk dan pisang, jadi kemungkinan besar itu bisa di ekspor” ujarnya kepada awak media usai vicon.

Menurut Gus Firjaun, untuk mewujudkannya diperlukan peningkatan kualitas dengan pemanfaatan teknologi modern serta bekerjasama dengan antar pihak. Selain itu, memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pembuatan kemasannya yang baik agar harga bisa bersaing dengan negara-negara lain.

“Bagaimana bisa berkualitas lagi, tentunya dengan memperhatikan haga jual yang baik” ujarnya, nantinya tentunya tak luput campur tangan dari Dinas Industri dan Perdagangan (Disperindag) agar mencari peluang di pasar Ekspor.

Sementara Pelaksana Tugas ( Plt) Dinas Pertanian dan Tanaman Hortikultura Kabupaten Jember, Imam Sudarmaji mengakui saat ini pemasaran buah di Jember cangkupnya masih lokal.

“Kita akan menyiapkan, komoditas ekspor yang kita perbaiki saat ini dari sisi budidaya tanaman buah” ujarnya.

Agar nantinya yang dijual bukan hanya buah segar saja, maka diperlukan sentuhan industrialisasi “Ketika panen melimpah, kita bisa mengolah, seperti Alpukat bisa jadi makanan pasta, agar bisa mendongkrak pemasaran” Pungkasnya.

Kontributor : Anjasmara
Editor            : Abraham