Komoditi Tembakau Lokal Diperhitungkan Pasar Internasional, PTPN X Fokus Jadi Bisnis Utama

oleh -114 views

JEMBER – Direktur Utama PTPN X DR. IR. Aris Toharisman,beliau menyampaikan bahwa komoditi tembakau akan menjadi bisnis utama PTPN X kedepanya, dimana PTPX X yang merupakan bagian dari BUMN melihat potensi ini dan kedepanya akan memfokuskan bisnisnya yang awalnya bergerak di komoditi gula dan komoditi tembakau, kini PTPX X akan menfokuskan untuk komoditi tembakau saja.

“Nantinya komoditi gula akan pisah dan di buatkan anak perusahaan baru kemudian komoditi tembakau akan menjadi komoditi utama di PTPN X” jelas Aris keoqda awak media awak media setelah acara petik perdana di penataran Curahrejo Kebon Ajong Gayasan, jum’at (02/07/2021).

Kmoditi tembakau adalah bisnis yang perpektif dan sangat menguntungkan dari pada komoditi yang lain “Bagaimana tidak, katakanlah dalam satu hektar kita bisa dapat pemasukan bisa 500 hingga 600 juta, sangat jauh dengan komoditi lain seperti Tebu dan lain seterusnya,” kata Aris.

Lanjutnya, jika ditinjau dari sisi pengelolaannya, pendapatan dari tembakau ini sepuluh kali lebih tinggi dibanding dengan komoditi lain hingga tembakau akan menjadi bisnis utama yang akan dikembangkan oleh PTPN X “Makanya jadi fokus kita semua, karena di Jawa ini ke depan lahan akan semakin sulit dan mahal, tentunya kita harus mengoptimalkan sumberdaya yang ada” ujarnya.

Terkait dengan proses pemisahan komoditi gula di PTPT X Aris Toharisman menjelaskan segang masa tahapan proses berjalan 85 % dan berencana Srptembwr 2021 nanti akan launching anak perusahan baru untuk komoditi gula.

Kontributor : Anjasmara
Editor            : Abraham