Sasaran Pasar Ekspor, PTPN X Kebon Kertosari Perketat Penerapan SOP Agar Kualitas Tembakau Tetap Terjaga

oleh -1.257 views

JEMBER – PT Perkebunan Nusantara PTPN X Kebun Kertosari Jember telah mampu mengekspor hasil panen dun Tembakau terbaiknya, untuk memperoleh kualitaa hasil panen terbaik maka diterapkan SOP secara ketat dari mualai binit hingga ke penyimpanan di gudang.

Dalam Panen Petik Pertama atau Panen Perdana di Blok Menteri 3 / TBN VI Perumahan Karangrejo Asri, Sumbersari, KabupatenJember, sabtu (03/08/2021) Dimas Eko Prasetiyo selaku SEVP Operation mewakili direksi utama PTPN X menyertai cara Panen Perdana yang dilakukan oleh General Manager Kebun Kertosari Jember Syaifuddin Suhri.

Pada kesempatan itu, Dimas menyampaikan bahwa komuditas tembakau di PTPN X fokus terhadap kualitas, sehingga yang harus diperhatikan adalah sistem kerja, yakni harus sesuai dengan SOP ”Karena itu yang diminta oleh pembeli kita, agar hasil produksi kita bagus maka harus sesuai SOP yang ada. Sebab hasil produksi kita lebih banyak di ekspor sehingga harus benar-benar menjaga kualitas sesuai dengan permintaan pasar,” terangnya.

SOP yang dimaksud adalah dumulai dari pemilihan lokasi tanam hingga bibit yang digunakan itu adalah bibit yang kualitasnya bagus. Lanjut Dimas, pihaknya juga sudah melakukan upaya bekerjasama dengan Puslit untuk perhatian mulai dari benih bibit sampai di gudang pengolahan.

“Itu semua dimonitor oleh tim yang menjamin kualitas tembakau kita” imbuhnya. Ia berharap tahun 2021 PTPN Kebun Kertosari bisa mencapai target yang sudah ditentukan sebab ke depan PTPN X hanya fokus pada produksi tanam tembakau saja.

“Untuk target tahun ini Kebun Kertosari sebanyak 1.800 kg/ Ha, dan ekspornya 1.400 kg daun kering. Namun untuk kondisi cuaca saat ini cukup besar tantanganya melihat curah hujan yang masih inten tentu itu juga akan berdampak pada hasil” pungkasnya.

 

Kontributor : Anjasmara
Editor            : Abraham