Tembakau Komodity Prospektif Merupakan Masa Depan PTPN X

oleh -148 views

JEMBER – Direktur Utama PTPN X DR. IR. Aris Toharisman, MAPPSC menyampaikan bahwa Komoditas Tembakau di Jember mempunyai potensi besar di masa depan Hal ini kemudian terbukti karena di tahun ini PTPN X mengembangkan pasarnya di skala internasional, yang awalnya hanya export untuk buyer dari 6 negara, tahun 2021 menjadi 22 negara.

Dikatakannya dalam sambutanya di acara Tanam Perdana PTPN X Kebun Kertosari Sabtu (22/05/2021), apa yang di lakukan oleh PTPN X agar para pemegang saham kembali melirik komoditas tembakau di Jember itu sangat panjang, karena pada tahun 2018 – 2019 ketika dilakukanya kajian rencana jangka panjang PTPN Group, Tembakau itu adalah komoditi yang di hilangkan karena di kantor pusat.

“Komoditi tembakau dianggap sangat merugikan karena stigma mereka menganggap komoditi tembakau itu hanya sekedar produksi kemudian menumpuk persediaan” ujar Dirut PTPN X menepis penumpukan yang pakta prestasi ekport di tahun ini bisa merambah diantaranya Negara Swiss yang export penuh seluruh cerutu kualitas terbaik dari tembakau PTPN X, serta PTPN X melabarkan lahan tanamnya yang tahun lalu 500 hektar tahun ini menjadi 600 hektar dengan target produksi 1800 kg per hektar dengan target natural wrapper (NW) 30 persen.

Hal tersebut diatas, ujar Aris Toharisman membuktikan kepada jajaran direksi holding pusat serta para investor bahwa Tembakau ini adalah Komoditi yang sangat prospektif dan sangat menguntungkan bagi PTPN X.

Aris Toharisman mengatakan pulabkepada awak media bahwa masa tanam 2021 ini harus lebih baik dari tahun – tahun sebelumnya “Kedepanya PTPN X akan fokus di komoditi tembakau karena seluruh komoditi gula di PTPN Grup akan di buatkan anak perusahaan baru” imbuhnya.

Acara tanam perdana itu diakhiri dengan pemberian santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa di sekitar wilayah kerja PTPN X Kebun Kertosari.

Kontributor : Anjasmara
Editor            : Abraham