Tingkatkan Kemitraan, PTPN X lakukan Kunjungi Kebun Sidonganti

oleh -75 views

JEMBER – Dengan berakhirnya musim giling Tahun 2021 PT Perkebunan Nusantara X dengan sembilan pabrik gula telah memyelesaikan proses giling, maka melakukan tasyakuran dan meningkatkan hubungan kemitraan dengan petani tebu.

Melalui kegiatan kunjungan kebun, Direktur PTPN X, Tuhu Bangun mengatakan pentingnya hubungan kemitraan dengan petani dijalin dan ditingkatkan, diantaranya dengan kunjungan kebun.

Kebun Sidonganti milik Pak Sadi yang berlokasi di Suko Mojokerto menjadi tujuan pertama rombongan PTPN X yang dipimpin langsung oleh Tuhu Bangun. ia mengendari sepeda motor trail bersama para pejabat puncak di beberapa kebun TR di Wilayah PG Gempolkrep pada Sabtu kemarin (13/11/2021).

“Sembilan pabrik gula ( PG ) milik PTPN X telah merampungkan gilingnya, berkat kerjasama dari mitra strategis PTPN X yaitu petani yang setia mengirim tebu mereka” ujar Tuhu Bangun.

Lanjutnya, apa yang sudah baik di tahun 2021 akan ditingkatkan di tahun-tahun selanjutnya, “Apa yang masih menjadi catatan akan dilakukan perbaikan di masa depan,” kata Tuhu Bangun disela-sela kegiatan kunjungan kebun.

Lebih jauh dari hasil kunjungan kebun, Tuhu Bangun mengungkapkan PTPN X telah menyusun rencana dan strategi terbaik untuk musim giling Tahun 2022 termasuk masalah Chasflow, yang akan dibicarakan lebih lanjut dan tertuang dalam nota kesepahaman.

“Kami akan mensuport apapun kebutuhan mitra kami, baik pupuk, bibit maupun masalah Chasflow. Bila PTPN X berkembang maka kesejahteraan petani juga akan berkembang,” ungkap Tuhu.

“Kami akan tetap memberikan apresiasi bagi pabrik gula yang berprestasi. Dengan pemberian reward untuk pabrik gula baik yang masuk dalam kategori satu maupun kategori dua,” pungkas Tuhu.

Sementara itu pemilik kebun, Saidi mengaku terbantu oleh PTPN X yakni mendapatkan pupuk dari Program Tebu Makmur yang digagas oleh PTPN X namun pupuk hanya mendapatkan 3 ton memenuhi kebutuhan 1/3 dari jumlah kebutuhan pupuk untuk kebunnya yang seluas 30 hektar.

“Ketepatan pemberian pupuk dan air sangat mempengaruhi tebu. Untuk itu, kami mohon bantuan dari PTPN X khususnya PG Gempol Krep untuk bisa membantu pemenuhan pupuk ” jelas Sadi.

H Mubin petani yang memiliki Kebun TRS juga menyampaikan pendapat dan harapan saat direktur PTPN X, Tuhu Bangun mengujungi kebunnya, didepan seluruh pejabat puncak dan perwakilan petani tebu rakyat yang hadir, Mubin mengharapkan PTPN X bisa membantu petani khususnya dalam hal pembayaran sebab chas flow tepat tanggal 10 lantaran sangat dibutuhkan oleh petani di masa giling.

Kegiatan kunjungan kebun yang berisikan temu muka dan tanyajawab dengan suasna familier dan kesederhanaan diakhiri dengan tasyakuran di PG Gempolkrep dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kontributor : Evelyne Cristianti
Editor           : Abraham Mahmoud