Kembangkan Potensi UMKM Bupati Jember Kunjungi Pabrik Cerutu BIN Cigar.

oleh -61 views

JEMBER – Boss Image Nusantara (BIN) Cigar merupakan UMKM yang di lirik untuk di kembangkan potensinya oleh pemkab, hingga dikunjungi Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto.

Dalam kunjungannya, Bupati menggandeng Ade Wayan Supadno salah seorang petani yang eksis, dan berhasil di bidang pertanian, serta Rina selaku Exportir dari Mutigo Indonesia. Keduanya adalah orang Jember yang punya semangat tinggi untuk memajukan UMKM di Kabupaten Jember untuk memperkenalkan dan mengkolaborasikan potensi yang ada kepada investor nasional untuk melakukan kerjasama dengan negara lain seperti Belgia.

“Hari ini kami membawa tamu kita, I Wayan Supatno dan Bu Rina, dua-dua nya ini dari Jember namun sukses di Pertanian Nasional di Jakarta, dan Bu Rina adalah eksportir kita yang memiliki banyak network di negara luar khususnya Belgia,” ungkap Hendy saat berkunjung di pabrik Cerutu Boss Image Nusantara Cigar, Rabu (6/10/2021).

Menurut Hendy jika potensi tersebut dapat dikolaborasikan dengan investor maka Jember ke depan akan mampu go internasional, “Jadi tujuan kita arahnya untuk membuka kerjasama, berkolaborasi untuk mengakses pasar luar agar produk yang ada di Jember dapat dipasarkan ke luar negeri,” harapnya agar cakupan ekspornya akan lebih luas lagi.

Komisaris PT BIN Cigar Jember, Ir. H. Febrian Ananta Kahar, M. I. A. M menjelaskan pihaknya sudah mengekspor cerutu ke Cina, Korea Selatan, Taiwan Sanghai, Malaysia, Tailan, Yunani dan Negara Afrika Kenya. “Untuk negara Eropa kita masih tahap negosiasi,” ujar Febrian.

Febri menjelaskan bahwa salah satu strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara menyesuaikan dengan permintaan, baik rasa dan bentuk cerutu itu sendiri, “Karena permintaan dari masing-masing negara juga berbeda-beda, termasuk juga harga, bahan, bentuk dan warnanya juga menyesuaikan dengan permintaan dari masing-masing negara,” imbuhnya.

Febrian berharap kepada Pemkab Jember untuk berkolaborasi. “Kita butuh bantuan dari pihak pemerintah seperti Bupati, kerena aksesnya jelas ke pemerintahan di atasnya untuk menembus pasar luar negeri, kalau kami kan selama ini dari sisi horizontal ke samping,” ujarnya.

Selanjutnya, Pemkab Jember akan mendukung salah satunya penjualan melalui satu sistem aplikasi yang terintegrasi dalam bentuk website yang diharapkan mampu memasarkan produk unggulan UMKM dalam satu katalog.

“Kami akan ikut serta melakukan pengawalan. Tujuannya, untuk menjaga kualitas dan produktifitas serta mencari jalan keluar jika ada kendala-kendala yang dialami para pelaku UMKM nantinya,” pungkas Bupati Jember.

Kontributor : Anjasmara
Editor           : Abraham