Melihat Prospek Dan Potensi Bisnis Pakan Ikan Bupati Jember Kunjungi Pabrik Pakan Ikan Swadaya Masyarakat

oleh -432 views

JEMBER – Menyadari besarnya potensi perikanan di Kabupaten Jember terlebih telah berdirinya Kampung Ikan dengan instrumen Pabrik pakan, Pemkab Jember tidak tinggal diam berupaya mendongkrak semakin menggeliatnya dunia perikanan.

Dalam rangka mensuport keberadaan Kampung ikan, Bupati Jember Ir H. Hendy Siswanto bersama Wakilnya Muhammad Balya Firjoun Barlaman melakukan kunjungan kampung ikan di Jember, Senin (8/6).

Dalam kunjungannya, awal bulan Juni 2021 Bupati Jember mensupport pelaku usaha pakan ikan sebab menurutnya bisnis pakan ikan yang diproduksi oleh Arif Sugihartani warga Desa Keting Kecamatan Jombang merupakan bisnis yang menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian.

Melihat potensi besar itu, pemkab Jember kedepan akan mensuport bahkan akan menjadikan bisnis itu menjadi pilot project di Kabupaten Jember “Mas Arif (pelaku usaha pakan ikan. Red) sudah memiliki pengalaman yang cukup dibidang usaha itu, diproduksi sendiri sekaligus menjadi marketing bagi usahanya, ini merupakan peluang yang sangat hebat akan kami teruskan kepada masyarkat luas” ujar Bupati.

Sementara itu, Arif menjelaskan bahwa bisnis pakan ikannya sudah berjalan dari tahun 2012, namun keberadaanya belum dimaksimalkan oleh pemerintah. Menurutnya dia tidak hanya memproduksi pakan ternak saja tetapi juga membentuk kampung ikan “Saya memiliki konsep satu rumah satu kolam, hingga sakarang jumlahnya mencapai 100 rumah, dan akan terus kami kembangkan” katanya.

Lebih jauh Arif menjelaskan, dalam mengembangkan bisnisnya selama ini tanpa ada campur tangan dari pemerintah, dia menggerakkan bersama masyarakat setempat “Ini memang program non bantuan, jadi ini murni swadaya masyarakat” pungkasnya.

Kontributor : anjasmara
Editor            : Abraham