Musim Giling 2022, PT Industri Gula Glenmore Serap 6.000 Tenaga Kerja Lokal

oleh -71 views

BANYUWANGI –  Dalam rangka menjawab tantangan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan gula nasional serta meningkatkan perekonomian masyarakat setelah pandemi, PT. Industri Gula Glenmore melalui Pabrik Gula Glenmore yang merupakan anak perusahaan dari PT Perkebunan Nusantara XII yang berlokasi di Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi telah memulai proses Buka Giling pada Kamis, (09/06/2020) kemarin.

Hal tersebut berdampak positif bagi masyarakat Banyuwangi karena proses giling tersebut melibatkan kurang lebih 6.000 tenaga kerja lokal (TKL).

Di wawancarai setelah peresmian acara Tebang Tebu Perdana di PTPN XII Kebun Kalitelepak Glenmore, Banyuwangi Senin,(06/06/2022) kemarin, Direktur PTPN XII Siwi Peni, S. Si., MM menjelaskan di Tahun 2022 untuk wilayah Banyuwangi mengelola tanaman tebu giling dengan luas lahan 5.457 ha dan Target Produksi 431.795 ton dengan produktivitas 80 ton/ha dan memiliki rendemen 8 persen.

“Kebun tebu wilayah di Banyuwangi sangat berpengaruh nyata terhadap perekonomian masyarakat disekitar kebun. Dengan luas 5.457,42 ha, akan ada perputaran ekonomi sekitar 100 milliad setiap tahunnya. Kebun tebu wilayah Banyuwangi juga mampu menyerap tenaga kerja kurang lebih 3.000 orang setiap harinya dalam masa pemeliharaan tanaman. Ketika masa panen, maka tenaga yang terserap akan bertambah menjadi 6.000 orang tiap harinya” ungkapnya.

Rencananya kegiatan panen tebu di wilayah Banyuwangi akan berlangsung selama 132 hari kedepan dan akan di giling di PT. Industri Gula Glenmore.

Sementara itu Manager PT. Industri Gula Glenmore Guntur Prihartomo S.T.P menambahkan PTPN XII dan PT. IGG terus berupaya memberikan kontribusi positif terhadap program swasembada gula dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar yang telah dicanangkan pemerintah.

“Berbagai upaya telah kami lakukan mulai dari perbaikan sarana dan pra-sarana di pabrik maupun di lahan, Peningkatan kehandalan untuk seluruh orang yang terlibat disetiap penggal proses bisnis serta perluasan areal tebu baik di areal HGU maupun pengembangan tebu rakyat. Hal tersebut merupakan wujud aksi nyata kami dalam menerapkan program BUMN Untuk Indonesia”Imbuhnya.

PT. Industri Gula Glenmore sendiri juga memiliki beberapa progam yang bisa bermanfaat bagi masyarakat diantaranya dari segi pendidikan kami menerima program Praktek Kerja Nyata (Magang) atau Kunjungan Industri yang dilaksanakan oleh Sekolah/Universitas yang berada di dalam atau luar Wilayah Banyuwangi dan dari segi sosial ada program IGG Peduli untuk aksi bakti sosial.

“silahkan bersurat kepada secara resmi kami dan nanti pasti akan kami respon”Tambah Guntur.

Kontributor :Anjasmara