Tanah Desa Yang Ditanami Cabai Merah Ini, Sudah Menghasilkan 6 Kintal

oleh -68 views
Emuh S, Lurah Dusun Cilimus, Desa Jayagiri, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis. Saat memeriksa kebun cabainya. Selasa, 20/02/2018. KONTEN INDONESIA / Wawan Kurniawan

KAB CIAMIS – Tanah desa (Bengkok) seluas kurang lebih 50 Bata persegi yang berlokasi di Dusun Cilimus, Desa Jayagiri, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (Jabar), yang sengaja ditanami Cabai Merah sebanyak 1100 pohon, hasil panennya sudah menghasilkan sebanyak 6 Kintal. Kata Emuh S, Lurah Dusun Cilimus tersebut saat dijumpai Kontenindonesia.com di lokasi kebun cabai. Selasa, 20/02/2018.

Cabai merah yang ditanam itu, dikatakan Emuh, menurut sebutan para pedagang cabainya disetiap pasar, cabai merah yang ditanam itu adalah cabai jenis TW. Total yang sudah menghasilkan 6 kintal, itu dari 10 kali panen. Kami juga akan melakukan panennya sekitar 5 kali lagi, yang akan menghasilkan sekitar kurang lebih 2 kintalan. Jelasnya.

Emuh juga mengatakan, hasil penanaman cabai merah sebanyak 1100 pohon itu, mampu menghasilan 15 kali panen sebanyak 8 sampai 9 Kintal hasil panennya.

Disinggung mengenai permodalannya, Ia menjelaskan, modal penanaman pohon cabai merah semuanya itu, memakai modal pribadinya sendiri. Kedepanya saya berharap, agar bisa kerjasama berikut ada bantuan dari pihak Pemerintah guna memperluas tanaman cabainya. ungkap Emuh.

 

 

 

 

Penulis : Wawan Kurniawan
Editor   : Deni