Kanwil Kemenkumham Terus Dalami Dugaan Pungli Asimilasi Covid19 Lapas Kelas IIA Jember

oleh -215 views

JEMBER – pengungkapan kasus dugaan pungli yang sempat mencengangkan didalam Lapas Kelas IIA Jember terus bergulir dimana Kanwil Kemenkumham Jatim sudah memeriksa korban dan akan terus melakukan pendalamanan.

Kassubag Humas Kanwil Kemenkumham Jatim, Ishadi, Selasa (22/6/2021) mengukapkan keseriusan puhaknya dalm pendalaman “Kanwil Kemenkumham Jatim sudah memeriksa korban dugaan pungli WDP. Hasil pemeriksaan belum ada. Kita masih dalami kasus dugaan pungli tersebut,” ungkapnya.

Ditambahkannya untuk saat ini mantan Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KKPLP) Jember, Wahyu Dhita Putranto (WDP) ditarik ke Kanwil Kemenkumham Jatim untuk pembinaan sambil menunggu hasil pemeriksaan terhadap kasusnya.

Ditanya soal apakah dugaan pungli itu melibatkan banyak oknum, Ishadi menjawab untuk sementara temuan tim pemeriksa pelaku tunggal “Dua atau tiga hari kedepan tim Inspektorat pusat akan datang ke Jember untuk memeriksa dugaan pungli di Lapas Jember itu” ujarnya.

Sementara itu WDP, oknum petugas diduga telah melakukan pungutan liar (pungli) erhadap beberapa warga binaan dengan modus menarik biaya pengurusan Asimilasi Covid-19 berkisar Rp 10 jutaan.

Sampai berita ini diturunkan, WDP masih belum dapat dikonfirmasi. Dihubungi melalui sambungan suara selular, Rabu (23/6/2021) yang bersangkutan tidak menerima panggilan ponsel dari awak media ini, sedangkan Kalapas Jember, Yandi Suyandi terkesan enggan menanggapi kasus pungli mantan anak buahnya itu sewaktu dikonfirmasi wartawan suaramandiri.com, Selasa (22/6/2021).

“Saya lagi ada zoom dengan Dirjen Pas. Selesai ini dipanggil ke Jakarta mengambil SK Purna,” tulisnya, melalui pesan WhatsApp

Kontributor : Eveline Kristianty
Editor            : Abraham