Keruwetan BUMdes Selamanik, Dana Peyertaan Modal 20 Juta Dipinjam Untuk Lunasi PBB

oleh -321 views

CIAMIS,kontenindonesia – Keruwetan yang ada pada Badan Usaha Milik desa Selamanik Hebat (BUMdes SEHAT) kini dibuka ke publik. Persoalan bagimana kebingungan membuat Laporan Pertanggung Jawaban, tagihan yang tak kunjung dibayar hingga profit minim.

Direktur BUMdes SEHAT, Ikin Sodikin mengiyakan uang penyertaan pengutan modal dari Dana Desa termen II Tahun Anggaran 2019 tidak bisa dialokasikan sebagai mana keharusannya sesuai usulan lantaran Rp 20 Juta dipinjam pihak Desa Selamanik.

“Karena BUMdes dengan Desa bisa dibilang keluarga harusnya saling menjaga, namun kan ada aturan” ujar Direktur BUMdes didampingi BPD Selamanik kepada kontenindonesia.com, selasa (7/4/2020) saat dikonfirmasi isu berkembang Kepala Desa Selamanik, Kecamatan Cipaku meminjam puluhan juta rupiah uang BUMdes dan tak kunjung bayar-bayar.

Kata Ikin, saat itu BUMdes menerima teransfer penguatan modal dari Dana Desa sebesar Rp 25 Juta untuk penanaman jagug, namun Kades dengan melibatkan aparat lainnya termasuk Kasi Keuangan (Bendahara Desa. Red) “Yang pinjam, Desa. Karena Pak Kuwu (kades. Red) melibatkan perangkat, dan Kasi Keuangan yang menandatangani kwitansi” ujarnya.

Ianya tidak mengetahui kades peruntukannya untuk apa, namun katanya tidak dalam waktu lama akan dibayar, dan nanti Kades akan ditagih melalui surat “Sudah berulang kali ditagih secara lisan dan jawabnya selalu nanti” kata Ikin.

“LPJ ya.. pusing dan bingung. Kan harus sesuai dengan yang diterima Rp 25 Juta padahal dipakai nanam jagung hanya Rp 5 Juta. Kan harus ada laba besar, masyarakat tahu 25 Juta” ujarnya, dijelaskannya ini takut terulang seperti kejadian piutang Kades terdahulu yang Rp 10 Juta dibayar sampai lunas bertahun-tahun.

Direktur BUMdes SEHAT berharap secepatnya Kades membayar, ujarnya mumpung masih musim penghujan maka uangnya bisa di alokasikan sesuai peruntukannya yakni menanam Jagung.

Sementara itu setelah membuat Janjian sebelumnya, Kades Selamanik, Dodi di Kantor Desanya, kamis (7/4/2020) membenarkan kepada awak media ianya meminjam Rp 20 Juta dari BUMdes SEHAT dan akan segera melunasi namun menunggu pencairan amprahan Bank.

“Iya itu memang tadinya adalah masalah interen desa kami. Saya berinisiatif meminjam dana BUMDes tersebut dengan maksud mau melunasi tunggakan pajak bumi dan bangunan (PBB) yang memang sudah didesak oleh pemkab Ciamis ,” terangnya.

Lanjutnya, 4 tahun Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Desa Selamanik nunggak terakumulasi sebesar Rp.56 Juta “Saat itu memang saya mengaku salah, namun daripada tidak terselesaikan, saya sebagai pucuk pimpinan di desa akan bertanggung jawab atas apa yang saya intruksikan, dan saya akan mengganti dana tersebut beserta staf desa lainnya” ujar Dodi

 

Kontributor : Tim

Editor            : Abraham