Unjuk Rasa Mahasiswa BEM Bekasi, Berakhir Dengan Pemukulan

oleh -1.022 views
Berlangsung nya aksi unjuk rasa mahasiswa yang ricuh sampai terjadi baku hantam. Foto: Saripudin

BEKASI- Unjuk rasa Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam BEM Se- Bekasi berakhir dengan pemukulan yang dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), hal tersebut terjadi lantaran Mahasiswa yang ingin masuk di halang-halangi oleh petugas Kepolisian dan Satpol PP .

Menurut pantauan awak media awalnya aksi unjuk rasa tersebut berjalan dengan tertib dan aman sama sekali tidak ada indikasi terjadinya kericuhan antara Petugas keamanan dan para pendemo. Lalu ketika mahasiswa yang memang bertujuan ingin menemui Bupati Bekasi Eka Supriatmaja yang berada di plaza Pemda untuk menyampaikan tuntutannya pihak dari kepolisian dan Satpol pp menghalangi dan berakhir ricuh.

Hal tersebut membuat banyak para pengunjuk rasa yang terluka termasuk salah satunya perwakilan dari BEM Global Mulya, Yang mengalami tindak pemukulan dari pihak Satpol-PP, tidak sampai disitu saja pihak Satpol-PP juga merusak pengeras suara pengunjuk rasa dengan membantingnya.

Salah satu pengunjuk rasa Jaelani Nurseha mengatakan dia mengecam tindakan refresip yang dilakuan Satpol-PP yang telah memukuli rekan seperjuangannya dan merusak pengeras suara. Masih kata dia pihaknya sudah koperatif dalam melakukan unjuk rasa dalam refleksi HUT Kabupaten Bekasi.

“Penyampaian aspirasi seharusnya ditanggapi dengan baik karena berdirinya kami disini bukan tanpa sebab, kami peduli terhadap kemajuan Kabupaten Bekasi,” ujarnya.
(Kamis,15/08/2019).

Perlu diketahui dalam aksi unjuk rasa BEM Se-Bekasi ada beberapa tuntutan yang harus diselesaikan oleh Bupati Bekasi Eka Surpriatmaja, yaitu :
1. Mendesak Pemkab Bekasi agar membentuk Konsultan Amdal sesuai amanah UU 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
2. Mendesak Pemkab Bekasi agar membuat Balai Latihan Kerja di 23 kecamatan.
3. Mendesak Pemkab Bekasi agar Membangun folder air di tiap desa terdampak kekeringan.
4. Mendesak Pemkab Bekasi agar membuat Perbup yang mengatur jam operasional truk.
5. Mendesak Pemkab Bekasi agar membuat Program Beasiswa untuk Mahasiswa dari alokasi APBD Dispora.
6. Mendesak Pemkab agar membangun alun-alun dan/atau _land mark_ Kabupaten Bekasi.
7. Mendesak Pemkab agar mengisi ke kosongan SKPD agar pelayanan publik lebih optimal.

Penulis: Saripudin