7 Makanan Ini, Pantangan Untuk Ibu Hamil Di 3 Bulan Pertama

oleh -47 views
Ibu Hamil. Konten Jabar / Ilustrasi Istimewa

KONTENJABAR.COM – Wanita hamil harus menjaga asupan nutrisinya. Sebab, makanan yang di konsumsinya tak hanya berpengaruh bagi ibu, namun juga buat janin yang di kandungnya. Selama kehamilan, ibu harus memilih makanan yang tepat.

Terutama selama trimester pertama, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari. Berikut makanan pantangan bagi ibu hamil di masa trimester pertama seperti dikutip dari Boldsky:

1. Ikan

Anda harus berhati-hati untuk tidak memakan ikan mentah seperti yang terdapat di dalam sushi. Sebab, memakan ikan mentah sangat berbahaya untuk kandungan. Makanan laut jenis tertentu juga memiliki kadar merkuri tinggi seperti ikan todak, ikan hiu dan king mackerel.

2. Daging

Daging mentah juga merupakan salah satu makanan yang harus dihindari saat trimester pertama. Pastikan daging dimasak dengan baik dan konsumsi saat masih panas. Anda juga sebaiknya menghindari daging olahan karena wanita hamil rentan terhadap keracunan makanan.

3. Pepaya dan nanas

Saat hamil Anda disarankan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah. Tapi ada beberapa makanan yang harus dihindari selama kehamilan awal seperti pepaya, nanas dan anggur.

4. Susu mentah

Susu merupakan sumber protein dan mineral esensial. Namun, ibu hamil harus menjaga agar tidak meminum susu yang tidak dipasteurisasi. Proses pasteurisasi sendiri adalah proses pemanasan makanan dengan tujuan untuk membunuh bakteri yang terdapat di dalamnya.

5. Telur

Ada banyak dari kita yang menyukai telur mentah atau telur setengah matang. Namun, telur mentah dan telur setengah matang termasuk dalam kategori makanan yang harus dihindari selama kehamilan dini. Apa pun yang mengandung telur mentah juga harus dihindari seperti adonan kue atau saus mayonaise buatan sendiri.

6. Kafein

Meskipun kafein tidak termasuk dalam kategori makanan yang harus dihindari selama awal kehamilan. Namun, wanita hamil disarankan untuk membatasi konsumsi kafein mereka. Kafein biasanya ditemukan di teh, kopi, minuman ringan, coklat, dan lain-lain.

7. Alkohol

Alkohol sangat berbahaya bagi perkembangan bayi dan karenanya alkohol merupakan makanan yang harus dihindari selama masa kehamilan.***

(Deni)

 

 

Tempo.co