Jangan Ragu Ambil Risiko Dalam Kerja, Simak 7 Manfaatnya

oleh -64 views
Wanita yang sedang menjalankan aktivitas. Konten Jabar / Ilustrasi Istimewa

KONTENJABAR.COM – Banyak wanita bekerja di bidang yang tidak mereka sukai. Mereka bekerja hanya demi kenyamanan bahwa yang penting memiliki pekerjaan. Mereka terbiasa pergi ke kantor yang sama, terbiasa dengan pekerjaan sehari-hari, dan nampaknya tidak bisa pergi meninggalkan itu semua.

Pekerjaan yang sekarang ini di miliki memang merupakan sesuatu yang patut di syukuri. Namun bukan berarti Anda tidak bisa melepaskan atau meninggalkannya, atau mencari yang baru. Melepaskan atau meninggalkan karier terdengar nekat, dan itu berisiko. Namun mengambil risiko dalam karier juga punya manfaat seperti dituliskan pada laman Allwomenstalk.  Siapa tahu bisa membuat Anda lebih bahagia dari yang pernah Anda bayangkan?

  1. Pengalaman

Mengembangkan keberanian diri adalah salah satu manfaat terbaik saat Anda mengambil risiko dalam karier. Mengembangkan keberanian lebih dari sekadar bersikap berani. Ini tentang membuka diri pada gagasan dan kekuatan baru yang dapat membantu Anda tumbuh, dan menemukan karier yang disukai.

Manfaat yang akan didapat dengan mengembangkan keberanian semacam ini akan memperpanjang masa karier Anda. Keberanian  menyebar ke dalam kehidupan dan ke dalam diri Anda. Anda juga tidak pernah tahu pekerjaan menakjubkan apa yang akan Anda temukan dalam prosesnya.

  1. Kesehatan lebih baik

Percaya atau tidak, membuat perubahan karier demi kebaikan bisa memberikan keajaiban bagi kesehatan Anda, meski awalnya berisiko atau menyebabkan stres. Begitu Anda menemukan pekerjaan yang benar-benar Anda cintai, yang dapat melibatkan beberapa risiko, Anda tidak hanya akan lebih bahagia, tapi juga lebih sehat.

Kesehatan  sangat ditentukan oleh status mental Anda. Bila Anda bahagia secara mental, Anda lebih cenderung menjaga kesehatan fisik . Ketahuilah, salah satu manfaat membuat perubahan karier menjadi lebih baik  adalah pada kesehatan Anda.

  1. Tempat baru

Manfaat lainnya dari mengambil risiko dalam karier adalah mungkin Anda bisa melihat dan melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru. Hal ini dapat membuka peluang baru, bertemu orang-orang baru, dan bahkan mungkin tempat baru untuk hidup.

  1. Keterampilan berjejaring

Mengambil risiko dalam karier, Anda harus siap memanfaatkan keterampilan berjejaring. Mungkin akan tampak menantang pada awalnya jika Anda tidak terbiasa berjejaring, tapi ini adalah salah satu kualitas terbaik yang dicari oleh para pengusaha. Belajar menggunakan media sosial, menghubungi orang-orang yang Anda kenal, berkomunikasi dan lain sebagainya adalah cara yang bagus untuk memulai jaringan. Jaringan sangat penting untuk langkah karier yang besar, bahkan di perusahaan Anda saat ini.

  1. Kepuasan kerja

Katakanlah Anda tidak ingin meninggalkan perusahaan Anda saat ini, namun menginginkan posisi yang berbeda yang mungkin mengharuskan Anda mengambil beberapa risiko. Jika itu yang terjadi, membuat tindakan berisiko dalam bisnis bisa membantu Anda mendapatkan kepuasan kerja sesuai yang diharapkan. Misalnya, mengusulkan sesuatu yang berisiko ditolak, seperti  membuat presentasi ke atasan atau klien tentang menempatkan Anda pada posisi yang berbeda, atau mengusulkan kenaikan gaji.

Usulan itu mungkin akan sedikit menimbulkan kegemparan pada awalnya. Namun, jika Anda benar-benar percaya pada diri sendiri, dan percaya bahwa Anda pantas mendapatkannya, itu layak dilakukan. Melakukan hal itu dapat memberi Anda kepuasan kerja yang lebih besar, yang berarti Anda pada akhirnya akan melakukan pekerjaan yang lebih baik.

  1. Meningkatkan pertumbuhan

Risiko karier lain yang Anda hadapi, seperti perubahan posisi atau lokasi di dalam perusahaan, mungkin tampak menyeramkan. Namun Anda akan menikmati pertumbuhan yang besar dari langkah berisiko ini. Misalnya, melakukan hal itu mungkin memberi Anda gaji lebih tinggi, tapi juga akan meningkatkan keterampilan kerja dan memungkinkan tumbuh berkembang dalam perusahaan tempat Anda bekerja. Jangan pernah puas bila itu kurang dari apa yang layak Anda dapatkan. Jika  bekerja keras dan memiliki etika kerja yang baik, berikan diri Anda kesempatan untuk meningkatkan pertumbuhan.

  1. Passion baru

Mengambil risiko karier tertentu berarti  dapat mengambil pekerjaan dengan gaji lebih rendah, atau pindah ke suatu tempat di mana Anda tidak mengenal siapa pun. Itu mungkin akan membuat Anda menemukan passion baru. Di mana ada passion, di situ ada uang. Jangan pernah takut berpindah lokasi untuk pekerjaan yang disukai.***

(Deni)

 

 

Tempo.co