Suka Makan Telur??? Cek dan Fahami Caranya

oleh -110 views
Telur ayam. Foto : Istimewa

KONTENINDONESIA.COM  – Biasanya, setiap orang sebelum mengolah makanan banyak yang mencucinya terlebih dahulu, apalagi jenis makanan mentah.

Namun, ternyata ada bahan makanan yang sebaiknya tidak dicuci sebelum dimasak, yaitu daging ayam mentah dan telur. Daging ayam dan telur mentah yang dicuci terlebih dulu justru bisa berisiko membawa penyakit bagi kita.

Apakah teman-teman tahu mengapa daging ayam mentah dan telur sebaiknya tidak dicuci sebelum dimasak???

Mari kita cari tahu penjelasannya disini!!!

Dampak Mencuci Telur Sebelum Dimasak

Mungkin kita semua pernah melihat kotoran pada bagian kulit atau cangkang telur.

Cangkang telur memang bisa terkontaminasi oleh kotoran ayam, air, serangga, darah, tanah, debu dan benda-benda yang ada di kandang.

Kotoran ayam, air, serangga, tanah, dan benda-benda di kandang ayam bisa membuat cangkang telur terkontaminasi bakteri dan kuman.

Karena itu, sebagian produsen yang menjual telur melakukan proses pencucian lebih dulu untuk mencegah kontaminasi kotoran dan bakteri pada cangkang telur.

Namun, sebagian peneliti juga menyebutkan bahwa proses mencuci telur bisa mengikis lapisan kutikula pada permukaan telur.

Lapisan kutikula pada cangkang telur itu merupakan lapisan yang bisa melindungi telur dari kontaminasi kuman dan bakteri.

Nah, lapisan kutikula yang terkikis bisa menyebabkan kehilangan kelembapan dan membuat kualitas telur menurun.

Kemudian, tekanan dari aliran air bisa berisiko mendorong bakteri masuk ke dalam telur.

Penyimpanan telur setelah dicuci yang kurang tepat juga bisa meningkatkan risiko bakteri seperti Salmonella masuk ke dalam telur. ***

Sumber : Posbelitung.co
Editor    : Deni