Selain Memaksimalkan Kerja Otak, 7 Makanan Ini Bisa Merangsang Kecerdasan Anak

oleh -76 views
Seorang anak wanita yang cerdas sedang belajar. Konten Jabar / Foto Istimewa

KONTENINDONESIA.COM – Kecerdasan anak bisa dipengaruhi gen dan faktor eksternal, seperti asupan nutrisi dan giat belajar. Mengenai asupan nutrisi, ada beberapa makanan yang bisa dipilih untuk memaksimalkan kerja otak.

Pakar parenting Jarot Wijanarko dalam buku berjudul ‘Memaksimalkan Otak Anak Anda’ menyebutkan beberapa makanan yang bisa diberikan kepada anak untuk merangsang kecerdasannya. Berikut ini rinciannya:

1. Ikan Salmon
Ikan salmon mengandung sumber terbaik asam lemak omega-3, EPA, dan DHA yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang mendapatkan asupan asam lemak omega 3 mempunyai kemampuan berpikir yang lebih tajam. Ikan salmon juga memiliki kandungan omega 3 lebih banyak ketimbang ikan tuna.

2. Telur
Telur merupakan sumber protein mudah dijumpai dan harganya terjangkau. Kuning telur mengandung kolin, zat yang dapat membantu perkembangan memori.

3. Selai Kacang
Kacang tanah dan selai kacang merupakan sumber vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi membran sel saraf. Kandungan thiamin dan vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk membentuk energi yang dibutuhkan tubuh.

4. Biji-Bijian
Otak membutuhkan pasokan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum bisa menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan glukosa yang aman. Ditambah kandungan vitamin B pada gandum yang berfungsi menjaga sistem saraf.

5. Buah
Buah yang memiliki warna pekat, seperti ceri, beri hitam, stroberi, dan beri biru mengandung gizi yang baik untuk kecerdasan anak. Kelompok buah beri memiliki antioksidan tinggi dan vitamin C untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker. Beberapa penelitian menunjukkan ekstrak stroberi dan blueberry memperbaiki daya ingat. Biji dari buah beri ini juga kaya asam lemak omega-3.

6. Kacang-Kacangan
Kacang merupakan camilan istimewa karena mengandung protein dan karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang-kacangan mengandung serat, vitamin, dan mineral. Kacang-kacangan adalah makanan yang baik untuk otak anak karena dapat mendongkrak energi sekaligus kemampuan berpikir. Menurut hasil penelitian, kacang merah mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 daripada jenis kacang lainnya.

7. Sayuran Berwarna Cerah
Tomat, labu, wortel, dan bayam merupakan sayuran yang kaya nutrisi dan mengandung antioksidan yang menjaga sel-sel otak tetap sehat. Jadi, jangan sampai anak menolak makan sayuran karena sangat bermanfaat untuk tubuh. Orang tua bisa menyiasati keengganan anak makan sayuran dengan mengolahnya menjadi lebih menarik.

 

 

 

Sumber : TEMPO.CO