3 Pembalap Yamaha Start Terdepan Di Le Mans: Vinales, Rossi, Zarco

oleh -62 views
Valentino Rossi pembalap Yamaha. Konten Jabar / Dokumentasi Foto Istimewa

MOTO GP, LE Mans – Para pembalap Yamaha tampil dominan di babak kualifikasi Grand Prix Prancis, Sabtu 20 Mei 2017, di mana Maverick Vinales merebut pole position di ikuti rekan setimnya Valentino Rossi dan pembalap satelit Tech 3 Johann Zarco di urutan ketiga.

Vinales mencatat waktu 1 menit 31,994 detik, unggul 0,106 detik atas sesama pembalap Movistar Yamaha, Rossi. Vinales menjadi pembalap pertama akhir pekan ini yang menembus 1 menit 31 detik.

Aksi Rossi di warnai drama ketika dia berada sangat dekat di belakang pembalap Marc VDS, Jack Miller, mirip balapan yang sesungguhnya. Mendadak menjelang garis finis Miller terjatuh sendiri, namun untungnya Rossi tak terpengaruh. Dengan trek kosong di depannya, di putaran berikut Rossi menggeber habis-habisan motornya untuk memastikan posisi kedua.

Zarco tampil heroik di negaranya sendiri dengan berjuang lolos dari babak pertama (Q1), dan pada babak kedua (Q2) mampu menyaingi para pembalap top untuk merebut posisi ketiga, di sambut sorakan gemuruh penonton.

Kinerja Zarco sekaligus menggusur pembalap LCR Honda Cal Crutchlow ke posisi empat.

Juara dunia Marc Marquez jatuh dua kali pada sesi free practice keempat dan kualifikasi, dan akhirnya hanya mampu menempati posisi kelima.

Pembalap Ducati Andrea Dovizioso juga harus berjuang dari Q1 namun akhirnya mampu menempati baris kedua di belakang Marquez.

Scott Redding, tercepat di free practice ketiga, hanya berada di urutan ketujuh untuk Pramac Racing setelah terjatuh di kualifikasi.

Dua pembalap KTM Pol Espargaro dan Bradley Smith masing-masing menempati urutan delapan dan 10, posisi terbaik mereka sejauh ini bersama tim Austria tersebut. Mereka mengapit pembalap Aspar Racing Karen Abraham di posisi sembilan.

Pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa, juara di Jerez dua pekan lalu, gagal lolos dari Q1 dan harus memulai balapan dari posisi 13, demikian juga pembalap Ducati Jorge Lorenzo yang hanya menempati urutan 16.***

(Deni)

 

 

BeritaSatu.com