Di Ajang Formula 1 Ini, Sebastian Vettel Jadi Yang Tercepat

oleh -42 views
Pembalap Ferrari yang menjadi tercepat, Sebastian Vettel. Konten Jabar / (AFP)

MELBOURNI – Sebastian Vettel berhasil mengatasi Lewis Hamilton dan menjadi juara pada balapan Formula 1 Grand Prix di Sirkuit Melbourne, Minggu 26 Maret 2017. Pembalap berusia 29 tahun itu menjadi yang tercepat seteah menorehkan catatan waktu 1 jam 24 menit dan 11,672 detik. Dia unggul 9,975 detik atas Hamilton.

Pembalap Jerman ini sebenarnya memulai balapan dari posisi kedua namun kemudian berhasil unggul setelah menerapkan strategi hanya masuk pit sekali. Inilah kemenangan pertama Vettel sejak Grand Prix Singapura 2015. Kini dia tengah mengincar gelar juara F1 untuk kelima kalinya atau yang pertama sejak 2013.

Hamilton memimpin saat start setelah menempati pole position setelah menjadi yang tercepat saat kualifikasi. Namun pembalap Inggris harus menyerahkan posisinya setelah kalah dalam fase mampir di pit-lane. Dia masuk pit paling awal namun terhalang pembalap lain saat kembali ke arena.

Vettel kemudian memanfaatkan keadaan ini sementara Hamilton terperangkap di belakang Max Verstappen. Hamilton akhir harus menerima kenyataan masuk finish di posisi kedua.

Rekan Hamilton di Tim Mercedes, Valteri Bottas, masuk finis di posisi ketiga disusul Kimi Raikkonen dari Tim Ferrari. Sementara pembalap Belanda dari Red Bull Racing Max Verstappen menempati posisi kelima.

Harapan pembalap tuan rumah Daniel Ricciardo memetik hasil maksimal di negara asalnya buyar setelah dia harus memulai balapan dari pit-lane menyusul masalah pada mobilnya. Saat kualifikasi, pembalap Australia ini harus mengganti gearbox setelah mengalami tabrakan.

Saat hari balapan dia sempat muncul namun mengalami masalah saat tengah membawa mobilnya menuju garis start. “Mesin masih menyala tapi mobil tak bergerak,” ungkap Riiciardo lewat radio tim.

Dia kemudian tak mampu membawa mobilnya bergerak dan setelah beberapa menit keluar trek balapan dengan frustrasi.

Formula One sempat mengabarkan lewat Twitter bahwa dia tak bisa ikut balapan namun kemudian meralatnya dan menyatakan Ricciardo akan memulai balapan dari pit-lane jika masalahnya bisa teratasi. Pembalap berusia 27 tahun itu akhirnya memang ikut lomba namun terhenti pada lap ke-29.

“Maaf teman. Mobil ini sudah selesai. Mari kita keluar dari sini,” begitu suara Ricciardo lewat radio kepada rekan-rekannya di Tim Red Bull Racing.***

(Deni)

 

 

BeritaSatu.com