Gelar Festival Come Aimo, Disdikbud Parigi Moutong Buka Lomba Cipta Lagu Daerah

oleh -74 views
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong Adrudin Nur

PARIGI MOUTONG, – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong membuka pendaftaran lomba cipta lagu khusus lagu daerah Parigi Moutong.

Kegiatan lomba Cipta lagu daerah Parigi Moutong dalam rangka memeriahkan kegiatan festival Come Aimo yang akan digelar 26-27 Oktober 2019.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong Sri Nur Rahma, mengatakan, untuk lomba cipta lagu dilaksanakan di dua tempat yaitu Kecamatan Tinombo pada tanggal 24 Oktober dan di Kecamatan Parigi pada tanggal 27 Oktober 2019.

Kata Sri, lomba cipta lagu dikhususkan bagi masyarakat Kabupaten Parigi Moutong di 23 Kecamatan.

“Pendaftaran Lomba cipta lagu berlaku untuk semua masyarakat Kabupaten Parigi Moutong dimanapun berada dan dibuktikan dengan KTP dan KK,” urainya.

Lanjut Sri, dalam memerihkan Festival Come Aimo selain lomba cipta lagu, juga diselenggarakan kegiatan lomba nyanyian solo dan lomba Photo Story.

Ia menjelaskan, untuk teknis lomba cipta lagu, para peserta diwajibkan merekan lagu ciptaan dengan memakai bahasa daerah Kaili, Rai, Lauje, Tialo atau Tajio beserta lirik dan artinya.

Dalam rekaman tersebut memakai alat rekaman seperti Handphone, Handycam atau media apa saja dengan kualitas gambar sangat serta nada dan lirik lagunya terdengar lebih jelas.

Setelah itu kata Sri vidio tersebut di upload ke jejaring sosial Facebook bersama judul lagunya dan penciptanya setelah itu ditandai ke akun “Bidang Kebudayaan Disdikbud ParMout”.

Untuk dokumen pendukung lainnya seperti Foto, KTP dan KK milik sang pencipta lagu dapat dikirimkan melalui via email bidangkebudayaandisdikbudpm@gmail.com atau dikirim langsung ke kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong setiap jam kerja.

“6 lagu daerah ciptaan akan dipilih juri dan lagu tersebut diaransemen kembali untuk menjadi album lagu Parigi Moutong Dalam Nada Budaya,” urainya.

Lanjut dijelaskan, untuk lomba nyanyi solo akan memperebutkan total bonus 30 juta rupiah dengan usia maksimal 15-35 tahun dan juga diperuntukan bagi putra putri Parigi Moutong. Kegitan tersebut kata Sri dibagi 2 Zona, yaitu zona 1 untuk Wilayah Kecamatan Tinombo Selatan sampai Kecamatan Moutong, dan untuk zona 2 dari Kecamatan Kasimbar sampai Kecamatan Sausu.

Hal senada juga telah disampaikan, diumumkan dan dipublikasikan oleh Jumardin S Ajam atau disapa Jo melalui akun Face Booknya “Joe Setiawan Setiawan”.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong Adrudin Nur, mengatakan, dalam kegiatan festival Come Aimo Disdikbud Parigi Moutong ikut mensukseskan dan memeriahkan kegiatan berskala Nasional dan Internasional itu.

“Dinas Pendidikan dan kebudayaan sangat mendukung kegiatan penuh Festival Come Aimo. Ada beberapa kegiatan terkait kebudayaan kita hadirkan untuk meramaikan dan mensukseskan Event tersebut,” ujarnya, Jum`at (18/10/19).

Penulis : Ris
Editor : Irwan