Jadi Destinasi Cluster Durian Menarik Di Kawasan Strategis, Tempat Wisata ini Resmi Dibuka

oleh -433 views
Sejumlah orang penting di Kabupaten Jember, Jawa Timur, pasca meresmikan pembukaan Destinasi Agrowisata PPG Cluster Durian Pinus Sidomulyo. Kamis 03/12/2020. Foto : Evelyne Christanty

JEMBER – Destinasi Agrowisata Persemaian Permanen Garahan (PPG) Cluster Durian yakni Wisata Pinus Sidomulyo yang terletak di Resort Pemangku Hutan (RPH) Garahan, Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sempolan termasuk Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim), resmi dibuka dengan gelar acara Soft Opening. Kamis 03/12/2020.

Mewakili Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Jember, Drs. KH. Abd Muqiit Arief, bagian Administratur Utama KKPH Jember, Rukman Supriatna dan Edi Budi Susilo, bersama-sama meresmikan agrowisata tersebut, yang pada acaranya tampak dihadiri juga oleh pihak Dinas Pariwisata, Dispora, Pejabat Tinggi Perhutani hingga para Tokoh Masyarakat sekitarnya.

Agrowisata Pinus Sidomulyo yang menyediakan sarana fasilitas Paket Outbound, Paket Camping, Paket Gowes, Adventure dan High Rope Challenge hingga area yang dipenuhi Tanaman Buah Durian sebanyak 400 pohon dengan berbagai jenis yakni jenis durian Musangking, Bawor, Montong, Durian Hitam, Durian Merah dan Durian Lokal Sidomulyo itu, berada diketinggian kawasan strategis.

Edi Budi Susilo menyampaikan, kami sangat memberikan apresiasi dengan dibukanya Destinasi Agrowisata PPG Cluster Durian ini. Karena Desa Sidomulyo sudah terkenal dengan kopi robustanya, maka terciptanya tempat wisata yang berada di tempat ketinggian seperti ini sangat begitu berpotensi sekali.

“Kami sangat apresiasi dibukanya Destinasi Agrowisata ini, apalagi kawasan Wisata Cluster PPG Durian ini dinilai sangat startegis sekali karena keberadaannya dipinggir Jalan Raya Provinsi sebelum masuk Gunung Gumitir. Sangat berpotensi, apalagi Desa Sidomulyo sudah terkenal dengan kopi robustanya,” ungkap Edi, saat ditanya kontenindonesia.com pada kesempatan tersebut.

Sementara, Waka Utara, Andi Iswindarto yang sekaligus Ketua Panitia mengatakan, pihak kami akan terus berusaha mengembangkan tempat Destinasi Agrowisata PPG Cluster Durian ini, dan juga akan berusaha untuk menambah fasilitasnya, contohnya seperti tempat penginapan yang saat ini tengah di renovasi, agar ketika ada pengunjung yang ingin bermalam bersama keluarganya tidak lagi repot cari penginapan.

“Iya, pihak kami akan terus berusaha untuk mengembangkan tempat Destinasi Agrowisata yang sangat berpotensi ini, karena jalur ke tempat wisata ini adalah jalur jalan penghubung antara Jalan Raya Jember, Banyuwangi dan juga jalan yang arah menuju ke Bali sana. Jalan itu semuanya akan melewati jalur Destinasi Agrowisata ini. Jadi cukup sangat berpotensi. Kami akan buka Cafe Pinus untuk wisata kulinernya, dan juga memperkenalkan produk unggulan Desa Sidomulyo sendiri. Saya juga ucapkan terimakasih kepada pihak Investor, LMDH, Koperasi, dan Perhutani yang sudah mendukung terlaksana acara ini.” Kata Andi.

Hal senada juga disampaikan KRPH Garahan, Putro Dwi Nofi Sumaryanto, Wisata Pinus Sidomulyo yang sudah diresmikan ini, akan menjadi salah satu tempat wisata dengan paket edukasi, dan pihak kami akan selalu siap untuk mengajarkan terkait bagaimana cara menyayangi dan mencintai tanaman yang ada di alam sekitarnya. Terutama pada kalangan pelajar.

“Kami akan siap untuk mengajarkan, dari mulai cara membuat persemaian bibit tanaman, menanam pohon pinus hingga cara secara teknis menyadap getah pinus, bahkan sampai dengan cara pengolahannya di Pabrik Gondorukem Terpentin. Sehingga menjadikan produk bahan jadi yang nantinya akan di ekspor,” tuturnya.

 

Reporter : Evelyne Christanty
Editor      : Deni