Taman PAAMPROKAN Segera Jadi Wisata Baru di Pantai Pangandaran

oleh -254 views
Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil, saat melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan ruang terbuka publik Taman Paamprokan, di Pangandaran. Foto : Irwan Hermansyah

PANGANDARAN – Satu fasilitas wisata terbaru yang akan menambah daya tarik wisatawan akan kembali muncul di wilayah Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandara, Jawa Barat (Jabar). Fasilitas wisata tersebut yakni sebuah taman dengan nama “Paamprokan” yang akan dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar pada akhir tahun ini.

Paamprokan tersebut akan menjadi sebuah taman ruang terbuka publik milik Pemprov Jabar yang rencananya berada di pesisir Pantai Barat Pangandaran, tepatnya berada di Bulak Laut Pangandaran (tanah eks Dinsos Pemprov Jabar), termasuk Desa Wonoharjo, Kecamatan / Kabupaten Pangandaran.

Nama “Paamprokan” merupakan nama pemberian Gubernur Jabar, M. Ridwan Kamil, saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan ruang terbuka publik tersebut pada Jum’at 23 Oktober 2020 pekan lalu.

“Saya namai rencana taman terbuka publik itu “PAAMPROKAN”, yang artinya adalah tempat bertemu,” ungkap Gubernur Jabar yang akrab disapa Kang Emil itu.

Penjabaran dari PAAMPROKAN, dikatakan Emil, artinya Pangandaran menyediakan pariwisata Objek Pantai yang disingkatnya PAAMPROKAN. Amprok itu adalah bahasa sunda yang artinya bertemu, diberi awalan Pa dan akhiran Kan, lalu menjadi tempat bertemu jadi paamprokan.

“Memberi nama itu harus enakeun artinya mulia, dan mempunyai kearifan lokal. Untuk memanfaatkan taman ini semaksimal mungkin untuk kemajuan pariwisata di Kabupaten Pangandaran. Maksimalkan ini menjadi salah satu gerbang, salahsatunya dengan sering bikin event. Dalam ruang terbuka publik “PAAMPROKAN” nantinya ada berbagai macam fasilitas, ada plaza area, menara pandang, shelter UKM, ruang bermain anak, arena olah raga serta penunjang ruang terbuka publik lainnya.” Kata Kang Emil.

Sementara itu, Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Pangandaran, Dr. H. Dani Ramdan MT mengatakan, PAAMPROKAN akan menambah wisata baru serta memecah keramaian. Bagi kami di pangandaran, ini adalah sebuah langkah strategis karena dengan bertambahnya satu fasilitas ruang terbuka publik wahana baru yang juga wahana wisata, ini akan memperluas area wisata.

“Sementara selama ini banyak wisatawan terkonsentrasi di pantai barat dan timur pangandaran, sehingga pada waktu tahun baru juga lebaran mengalami kemacetan. Nantinya wisata Pangandaran pun akan semakin berkembang. Dengan semakin diperluasnya area wisata Insya Allah pengembangan wisata-wisata di pangandaran akan semakin berkembang.” Singkat H. Dani.

Diketahui, pada kesempatan tersebut dihadiri Pjs Bupati Pangandaran, Dr. H. Dani Ramdan MT. Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih. Kepala Dinas Tarkim Prov. Jabar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Prov Jabar, Ketua DPRD kab Pangandaran, Sekda Pangandaran Drs. Kusdiana MM, Sekda Kab. Ciamis, Direktur Utama PMB.

Reporter : Irwan Hermansyah
Editor      : Deni