Asesmen Nasional Tidak Optimal Disinyalir Gara-gara Sinyal Wifi Lemot

oleh -47 views

LEBAK,BANTEN – Lemotnya jaringan Wi-fi atau tidak mormalnya jaringan sinyal (network) di Kecamatan Cikulur, Lebak Banten dikeluhkan para tenaga pendidik lantaran berdampak terhadap programpenilaian mutu setiap sekolah (asesmen nasional).

“Terutama adalah pasilitas jaringan atau sinyal (network), dan keluhan di wilayah kami yaitu terkait jaringan atau sinyal (network) WiFi yang sangat lemah dan tidak normal,” terang Camat Cikulur Dr.Iyan Fitriana SHI M Pd kepada awak media, kamis (2/9/2021).

Dalam pertemuan terbatas bertempat di kantor kepala sekolah SDN 1 Cikulur itu, Camat bertindak sebagai perwakilan 13 Kades, menangkap kegeliasahan satuan lembaga pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah dari Cecep Hidayat selaku Korwil pendidikan Kecamatan Cukulur, Aceng Sanwani Kepala sekolah SDN 1 Cikulur selaku perwakilan dari Ketua K3S, dan Kepala Sekolah SDN1Tamanjaya Nurhalim S,ag selaku perwakilan dari 24 kepala sekolah SDN yang mengeluhkan lemahnya jaringan network adalah permasalahan serius yang akan berdampak terhadap kualitas mutu pendidikan.

Dari pertemuan yang dihadiri Kapolsek Cikulur Iptu A Sachlan, mereka yang hadit bersepakat memohon kepada instansi atau pihak terkait untuk segera memberikan pasilitas jaringan atau sinyal (network) yang baik dan kuat (normal) “Khususnya di wilayah Kecamatan Cikulur, sehingga kami semua mendapatkan jaringan dan sinyal yang kencang dan kuat, seperti layaknya diwilayah-wilayah yang lain” ungkap Camat.

Sebagaimana diketahui, Asesmen Nasional adalah program berisi informasi penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah, dimana mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter), serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Informasi-informasi tersebut diperoleh dari instrumen utama : Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid yang pada prosesnya dibutuhkan fasilitas network yang handal memadai.

Fasilitas network di wilayah Cikulur dengan pertemuan terbatas tersebut diharap segera diperbaiki atau ditingkatkan “Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat segera di tindak lanjuti, dan di realisasikan dengan segera oleh pihak terkait.” Pungkas Iyan Fitriana.

Kontributor : Supriyanto
Editor            : Abraham