Dengan Sarana Seadanya, SDN 2 Hegarmanah Tunjukkan Prestasi Nyata

oleh -103 views
Kegiatan belajar mengajar SDN 2 Hegarmanah Babakan Cikao Purwakarta. Foto: Konten Indonesia

PURWAKARTA – Meskipun berada dipelosok desa dengan jumlah murid hanya 79 siswa, juga sarana prasarana yang serba terbatas, namun SDN 2 Hegarmanah Babakan Cikao Kabupaten Purwakarta tetap mampu menunjukkan sejumlah prestasi baik akademik non akademik, termasuk juga mampu menjaga kebersihan dan keasrian sekokah dengan cukup baik.

“Sudah menjadi tugas kami, bagaimana menjadikan sekolah menjadi nyaman, tenang, murid senang, dengan kondisi seperti apapun”, terang kepala sekolah SDN 2 Hegarmanah, Yuyun Tuti kustiawati saat di kunjungi disekolahnya, kamis (15/11/2018).

Yuyun juga menjelaskan apabila sejumlah keberhasilan yang diraih sekolahnya tak lepas dari peran serta para guru serta dukungan masyarakat.

“Peran guru, itu yang saya rasakan, mereka luar biasa dalam mendidik para murid, mereka juga kompak dalam menangani segala persoalan. Termasuk peran masyarakat, orang tua wali murid yang saya rasakan cukup membantu dalam suksesnya pembelajaran disekolah kami”, jelasnya.

Hal senada juga diutarakan bendahara sekaligus wali kelas 6, Otin Rosita, Otin juga mengaku apabila jumlah murid disekolahnya tidak banyak karena faktor jumlah penduduk.

“Sekolah kami memang hanya disekitar masyarakat dua RW, namun Insya Alloh dengan jumlah murid berapapun kami akan berusaha untuk menjadikan murid bisa berkualitas khususnya dalam Akhlaq”, ungkap Otin.

Dalam hal kebersihan, SDN Hegarmanah Otin katakan tidak memiliki petugas kebersihan khusus, namun melibatkan semua komponen sekolah.

“Kalau kebersihan, sekolah kami tidak ada petugas khusus, jadi ya setiap hari mulai dari murid, guru bahkan kepala sekolah membersihkan sekolah, bahkan disini setiap murid membawa kantong plastik untuk menyimpan sampah bekas makanan yang mereka bawa dari rumah untuk dibuang disekitar rumah masing-masing, meskipun kami sediakan juga tempat sampah”, ujar Otin.

Otin juga berharap untuk dapat meningkatkan prestasi para murid nantinya dapat memiliki sarana yang lebih baik.

“Pengen sekali bisa memiliki sarana perpustakaan, sarana olah raga, kesenian, agar kami bisa menjadi lebih baik”, katanya.

Berikut prestasi terakhir SDN 2 Hegarmanah selama tahun 2018.

1. Juara 1 olimpiade matematika
2. Juara 1 mengarang carpon putri
3. Juara 3 lomba Kids atletik O2SN
4. Juara 2 lomba mengarang carpon Putra 5. Juara 2 lomba Pupuh putri
6. Juara 2 lomba Tata Upacara
7. Juara 2 lomba membuat belangkar penggalang SD putri
8. Juara 3 Tata Upacara pembukaan latihan pramuka
9. Juara 3 permainan besar siaga putri
10. Juara tiga olahraga tradisional Sumpit 11. Juara 3 lomba bulutangkis
12. Juara 3 lomba renang Putra
13. Juara 3 lomba maca warta Putra.

Pada tahun 2016 juga 2017 SDN 2 Hegarmanah juga sukses meraih juara baik akademik non akademik pada level tingkat kabupaten.

 

 

Reporter: M. Dofir Ibrahim