Dinas Pendidikan Purwakarta Gelar OGN Untuk SD Dan SMP

oleh -130 views
Kepala Bidang GTK, Dodi Winandi, membuka acara Olimpiade guru Nasional (OGN) kabupaten Purwakarta

PURWAKARTA – Selama dua hari, mulai dari kamis 21/2, sampai dengan hari ini jumat 22/2/2019, dinas pendidikan kabupaten Purwakarta bidang Guru dan tenaga kependidikan (GTK) menggelar olimpiade guru Nasional (OGN) yang bertempat di SMP Negeri 1 Purwakarta.

OGN dibagi menjadi dua kategori, yakni untuk guru sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dari data yang diperoleh, sebanyak 435 peserta dari guru SD yang mengikuti kegiatan, sedangkan untuk SMP sampai jumat pagi masih terdapat 141 peserta yang mendaftar dan tidak menutup kemungkinan masih terus bertambah, karena terlihat selesai waktu sholat Jumat masih terlihat peserta yang mendaftar.

Untuk Olimpiade tingkat guru SD, ada dua mata pelajaran yang dilombakan, yakni tematik dengan jumlah peserta 233 dan matematika sebanyak 203 peserta.

Para peserta sedang mengikuti jalannya olimpiade guru nasional (OGN)

Sedangkan untuk SMP ada lima mata pelajaran, yakni; Matematika, Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, IPA dan IPS.

Adapun maksud serta tujuan diselenggarakannya OGN kepala bidang GTK, Dodi Winandi katakan adalah meningkatkan profesionalisme dan kualitas pendidikan untuk mencapai pendidikan Purwakarta yang berkaraketer dan memiliki wawasan akademik.

“Jika tahun sebelumnya adalah olimpiade sains, pada tahun ini adalah olimpiade mata pelajaran. Tujuannya adalah untuk melihat sejauh mana peningkatan kompetensi bapak ibu guru, sekaligus menjadi tolak ukur sejauh mana bisa memahami materi yang akan disampaikan”, terang Dodi.

Dodi pun mengatakan jika OGN merupakan sarana evaluasi diri guru.

“Sehingga, kita bisa melihat dan merasakan apa yang ada pada diri pribadi kita, apa yang perlu di tingkatkan, apa yang mesti kita lebih banyak pelajari dan pahami”, Pungkasnya.

 

 

Penulis : M. Dofir Ibrahim