DUBES Finlandia Kunjungi Purwakarta Tindak Lanjuti Kerjasama Pendidikan Berkarakter

oleh -68 views
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, menerima kunjungan DUBES Finlandia, Jari Sinkari, menindaklanjuti kerjasama pendidikan, jumat 19/11/2018.

PURWAKARTA- Dalam dunia pendidikan, keberhasilan Finlandia pada tahun 2001dalam memenangi rangking PISA (Programme for International Student Assessment) membuat banyak pihak tertarik untuk mempelajari bagaimana sesungguhnya pendidikan di Finlandia. salah satunya adalah Kabupaten Purwakarta.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pemerintah Kabupaten Purwakarta menjalin kerjasama dengan Finland University. Dari pertemuan sebelumnya dengan pihak Finlandia, hari ini, Jumat 9/11/2018, menindak lanjuti hal tersebut Dubes Finlandia, Jari Sinkari dan Executive Vice President Finlandia University, Pasi Kaskinen, melakukan kunjungan ke Kabupaten Purwakarta.

Diterima langsung oleh Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika dan Wakil Bupati Purwakarta Haji Aming, rombongan dari Finlandia memasuki Bale Janaka, Sekretariat Daerah.

Dalam sambutannya, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, kerja sama yang dibangun bertujuan untuk mengkolaborasikan pendidikan berkarakter di Purwakarta dengan pendidikan di Finlandia.

“Alhamdulillah, kini para penggiat dunia pendidikan di Purwakarta bisa belajar langsung pada Finlandia. Dalam segi pendidikan Finlandia diakui sebagai yang terbaik dunia,” Kata Anne.

Demi membangun serta meningkatkan kualitas pendidikan di Purwakarta. Anne katakan jika pemerintah daerah berupaya menghadirkan dan melakukan kerjasama ini.

“Finlandia membuka diri untuk bersinergi dengan konsep pendidikan di Purwakarta, nanti ada kolaborasi pendidikan di Purwakarta dengan Finlandia,” jelas Anne.

Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, Jari Sinkari dalam sambutannya juga mengaku banyak tertarik dengan dunia pendidikan. Hal tersebut karena kedua orang tuanya merupakan seorang guru. Jari pun mengatakan kalau dirinya memulai pendidikan dengan belajar sejarah di negaranya.

“Saat membuka bukti-bukti sejarah Finlandia di abad pertengahan, terdapat cerita rakyat. Dimana kalau di negara lain tokoh pahlawannya merupakan seorang prajurit atau tentara, di Finlandia tokohnya seorang penyihir,” ujarnya setelah di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, Jari menambahkan bahwa apa yang dipetik hari ini merupakan buah dari investasi pendidikan di Finlandia.

“Pada tahun 1800, Finlandia sebagai negara agrikultur yang miskin dan menderita karena perang. Sekarang negara saya sangat maju utamanya pendidikan. Yang terjadi selama 100 tahun terakhir di Finlandia merupakan pembangunan investasi pendidikan besar-besaran. Sehingga prospek jangka panjang bisa dirasakan saat ini,” Pungkasnya.

Rombongan Duta Besar Finlandia bersama keluarga besar pemerintah daerah Purwakarta dan sekolah Mutiara Insani (Yayasan IKDE)

Pasi Kaskinen, Executive Vice Presiden Finlandia University juga menyampaikan jika kolaborasi pendidikan tersebut merupakan sebuah kehormatan karena karakter pendidikan di Purwakarta dengan di Finland university hampir sama.

“Pertama kami ke Purwakarta yang kami kunjungi adalah sekolah Mutiara Insani, yang kami nilai memiliki konsep yang hampir sama, kemudian kami menjalin kerjasama. Untuk kesamaan yang dimiliki adalah semangat guru serta motivasi untuk mau belajar dengan hal-hal baru. Dan bersyukur sekali sampai kemudian kita bisa menjalin kerjasama dengan dinas pendidikan” ujar Pasi.

Sementara kepala pendidikan kabupaten Purwakarta, H. Purwanto mengemukakan apabila dalam rangka mensukseskan kerjasama tersebut dilakukan pelatihan.

“Kita melaksanakan pelatihan selama dua hari, dengan setiap kecamatan dua orang guru, dan akan terus berlatih, sampai nantinya bisa menjadi mahir bahkan ahli, karena dengan tenaga yang terlatih akan dapat terlaksananya sebuah pekerjaan dengan baik,” ungkap Purwanto.

 

 

 

Reporter: M. Dofir Ibrahim