Gebyar Muharram, SDN 1 Nagri Kidul Purwakarta Santuni 110 Anak Yatim

oleh -210 views
Gebyar Muharram 1440 H. SDN 1 Nagri Kidul Purwakarta. Foto: Humas SDN 1 Nagri Kidul

PURWAKARTA – Peringatan Muharram 1440 Hijiriah di tandai dengan berbagai macam kegiatan keagamaan. Salah satu bentuk peringatan Muharram yang tidak pernah terlewatkan adalah mengusap rambut anak yatim/piatu sekaligus memberikan santunan kepada mereka.

Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan baik di bulan Muharram yang mana di dalamnya terdapat hari lebaran bagi anak yatim/piatu, SDN 1 NagriKidul kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta menggelar Gebyar Muharram dengan menyelenggarakan beragam kegiatan seperti lomba Adzan, Sholawat, baca Al Qur’an (surah pendek), santunan anak yatim dan beberapa kegiatan lainnya.

Dalam sambutannya, kepala sekolah SDN 1 Nagri Kidul, Kusmiati, mengungkapkan rasa gembira dan syukurnya atas terselenggaranya Gebyar Muharram disekolah yang di nahkodainya.

“Terima kasih buat para orang tua, para donatur, yang telah menyisihkan sebagian rizkinya untuk berbagi dengan para Yatim, saya yakin semua akan di balas oleh Allah Subhanahu Wata’ala Aamiin..!. Dan pada kesempatan kali ini ada 110 anak Yatim/piatu yang bersama kita santuni,” ungkap Kusmiati di hadapan para hadirin, rabu 3/10/2018.

SDN 1 Nagri Kidul gelar gebyar Muharram 1440 H dengan berbagi 110 anak Yatim/piatu

Acara gebyar Muharram juga Kusmiati kemukakan sebagai bentuk pendidikan penguatan karakter kepada semua khususnya kepada para murid.

“Ini bagian dari pendidikan karakter, belajar peduli dengan berbagi, menyayangi, belajar untuk bagaimana meningkatkan kualitas Iman dan Taqwa kepada sang pencipta,”terangnya.

Kepala seksi (Kasi) kurikulum dinas pendidikan kabupaten Purwakarta, Sadiyah, yang juga berkesempatan hadir dalam acara tersebut tidak lupa mengingatkan kepada semua untuk lebih mengambil hikmah dari peringatan Muharram (tahun baru Islam).

“Tahun baru harus semangat baru, lebih meningkat Imannya, lebih meningkat Taqwanya, lebih meningkat belajarnya, bhaktinya kepada orang tua, guru, dan cinta terhadap sesama serta lingkungannya,” Tegas Sadiyah.

Tahun baru Muharram juga Sadiyah ingatkan untuk belajar meneladani sikap perilaku Rosululullah Muhammad Solallahu Alaihi Wasallam.

“Harus rajin bersholawat !, harus berbagi dengan sesama khususnya kepada yatim/piatu. Perlu diketahui !, kalau antara Nabi Muhammad dan anak yatim/piatu itu ibarat jari tengah dengan jari telunjuk, jadi sangat dekat,”pungkas Sadiyah.

Dalam gebyar Muharram 1440 Hijiriah Di SDN 1 Nagri Kidul beragam kebolehan siswa-siswi seperti drumband, kesenian angklung, marawis digelar. suasana semakin meriah dengan hadirnya orang tua wali murid yang membuat acara juga semakin terlihat sangat semarak.

 

 

 

Penulis: M. Dofir Ibrahim.