Kepsek SDN 1 Padamulya, Olah Limbah Jadi Sufenir

oleh -184 views

CIAMIS, Inspirasi serta ide bisa muncul kapan saja dan dimana saja, itulah yang terjadi kepada Kepala Sekolah (Kepsek) SD Negri 1 Padmulya, Teteng Supyanto, S.Pd. Belakangan hari di komplek sekolah dimana ia menjadi kepseknya dibangun 1 unit Mushola dengan sarana berwudhunya, potongan hebel (bata ringan) sisa atawa limbah berserakan disekitar lokasi pembangunan.

“Saya terbersit bagaimana menanfaatkan waktu selepas beraktifitas di sekolah dan untuk menjadikan berfaedah. Melihat berserakan hebel patah yang tidak terpasang” ujarnya kepada Kontenindonesia.com di ruang kerjanya, rabu (24/7/2019).

Lajutnya, jiwa seni yang mengalir dalam darahnya serta kemampuan membikin relif taman berdesir melihat limbah yang bisa mendatangkan nilai manfaat. Dikumpulkannya secara lalu sepontanitas diukir dengan alat seadanya seperti pisau bahkan paku, ukiran disesuikan denga bahan yang ada dijadikan asbak, pasbunga, dan hiasan meja lainya.

Dikatakannya, berbagai karyanya diukir di sekolah untuk memotifasi para murid bahwa limbahpun dengan kreatifitas bisa menjadi sesuatu yang berguna “Murid ada juga yang tertarik membuat ukiran-ukiran, namun tenaga pengajar di sini dalam pelajaran pengembangan seni bidang keterampilan dipalikasikan dengan media sabun batangan” kata Teteng.

Disinggung karya limbah hebel dijual untuk mendapatkan pundi rupiah, Kepsek yang familier ini sambil tersenyum mengatakan saat ini dijadikan bingkisan saja “Saya berikan Cuma-cuma kepada orang tua murid ketika mengadakan acara home fisite, dijadikan oleh-oleh bagi tamu yang datang kesekolah” ujarnya, dimana salah satu karya dari limbahnya kini bukan hanya terpajang pada meja tamu di tempat kerjanya, namun telah juga bisa didapati di Kantor UPTD pendidikan dasar Kecamatan Cihaurbeti.

Apa yang ia kerjakan adalah bagaimana bisa bermanfaat,  Teteng Supyanto, S.Pd sengaja membuat beraneka ukiran dari hebel itu di sekolah dengan harapan para murid bisa bereksperesi dan termotifasi. Dengan bangga pula Kepsek SDN 1 Padamulya ini mengajak 2 murid kelas 5, Uput Putri dan Fajar M yang berprestasi menyabet lomba Kaligrafi Tingkat Kecamatan Cihaurbeuti tahun 2019 untuk berpoto bersama.

 

 

Editor : Abraham