Lahirkan Generasi Hebat, Mulyanto: Tanamkan Disiplin Jujur Beradab Dan Terampil !

oleh -133 views
SDN 2 Citamiang Kecamatan Maniis Kabupaten Purwakarta

PURWAKARTA. Tertata rapi dengan aneka tanaman pohon, buah dan bunga yang menghiasi. Bersih seolah tanpa sampah yang mengotori, membuat SDN 2 Citamiang Maniis Purwakarta terasa sejuk dimata dan nyaman dihati.

Selarasnya antara kepala sekolah, guru, murid juga komite membuat sekolah mampu menjadikan sekolah idaman meskipun berada dipedesaan, kebiasaan peduli lingkungan terus ditanamkan sebagai dasar bekal untuk mereka dikemudian hari.

“Pertama harus disiplin, itu yang saya tekankan baik kepada saya pribadi, guru, murid dan semua warga sekolah. Mulai dari waktu sampai disiplin yang lainnya”, terang Mulyanto, S.Pd, kepala sekolah SDN 2 Citamiang, Rabu (9/1/2019).

Perhatian lain khusus yang Mulyanto jadikan perhatian serius juga adalah karakter (Akhlaq atau budi pekerti), karena semakin kedepan persoalan karakter dinilai semakin mengkhawatirkan.

“Budi pekerti menjadi perhatian serius kami, karena kemajuan teknologi, pergaulan anak-anak sekarang sungguh membuat kami khawatir, apalagi kedepan. Maka dari itu kegiatan keagamaan seperti sholat Dhuha, membaca Al Qur’an, bagaimana adab kepada orang tua, guru, teman serta lainnya kami didik betul, karena kami ingin anak-anak didik kami ini menjadi generasi yang beradab”, tegasnya.

Mulyanto, S.Pd. Kepala Sekolah SDN 2 Citamiang Maniis Kabupaten Purwakarta

Untuk membekali para murid bekal keterampilan, SDN 2 Citamiang juga mendukung segala bentuk hal positif sesuai dengan minat dan bakatnya.

“Asal positif, bakat para murid kami dukung, mau olah raga, mau seni, mau agama, mau keterampilan seperti menganyam, sesuai bakat dan minat anak-anak saja. Kami sebagai pendidik akan dukung sesuai dengan kemampuan yang ada”, ungkapnya.

Sebagai bagian untuk menunjang suksesnya sebuah pendidikan, Mulyanto juga menerapkan disiplin bersih sekolah kepada semua.

“Kebersihan lingkungan harus dijaga, karena dengan bersih akan melahirkan daya fikir yang positif, termasuk hati juga akan tentram dilingkungan yang bersih. Untuk kebersihan menjadi tanggung jawab bersama, termasuk saya sebagai kepala sekolah harus juga mau nyapu dan lainnya”, pungkasnya.

Untuk kegiatan ekstra kurikuler, SDN 2 Citamiang juga aktif dalam kegiatan pramuka, upacara bendera bekerjasama dengan Muspika serta kegiaran lainnya.

Dengan suasana termasuk kegiatan seperti yang tertulis diatas. Hasilnya, sejumlah prestasi juga berhasil SDN 2 Citamiang raih, diantaranya;

1. Juara 1 calistung tingkat kecamatan.

2. Juara 2 kaligrafi tingkat kecamatan.

3. Juara 1 baca puisi tingkat kecamatan.

4. Juara 3 lomba IPA tingkat kabupaten.

5. Juara 1 lomba menganyam tingkat kabupaten. Serta sejumlah prestasi lainnnya.

 

 

Reporter: M. Dofir Ibrahim