SDN Perwira VI : Berikan Kesempatan Sesuai Bakat Dan Prestasi Siswa

oleh -216 views
Kepala sekolah SDN Perwira VI Kota Bekasi, Salya Purwaganda. Foto : M. Dofir Ibrahim 

KOTA BEKASI – Melaksanakan pembelajaran dengan mengembangkan kemampuan belajar kritis dan kreatif, serta bertanggung jawab penuh dalam melaksanakan pendidikan yang baik berbudaya berakhlak mulia dan berkarakter, sudah seharusnya dilaksanakan disekolah. Selain itu, harus juga ditunjang dengan para pendidik yang berkualitas, baik, ramah, santun, memiliki integritas penuh terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi. ungkap Salya Purwaganda, Kepala Sekolah SDN Perwira VI Kota Bekasi, saat di minta komentarnya oleh Kontenindonesia.com terkait mutu dan kiat pendidikan.  Jumat, 14/09/2018, dikantornya.

Bukan hanya itu, Salya juga mengatakan jika peserta didik harus diberikan kesempatan seluas- luasnya untuk mengembangkan bakat dan Minatnya.

“Pendidikan harus memberikan kesempatan penuh pada seluruh peserta didik dalam mengembangkan bakat dan prestasinya pada bidang ilmu pengetahuan, teknologi, olahraga, kesehatan seni, budaya dan lainnya,” ungkapnya.

Meskipun sekolah Negeri, Salya memiliki keinginan agar sekolah yang di komandoinya, Beda. Sekaligus sebagai bentuk penguatan pendidikan karakter.

“Moto kami, ‘SDN Perwira VI adalah sekolah dengan status negeri dengan mutu yang berbeda’, bedanya kami memiliki beberapa program sosial seperti gerakan jumat beramal, yang kegunaannya misal untuk membantu teman yang sakit, termasuk juga lebaran kurban kemarin kita bisa berkurban sapi”, jelasnya.

Kepala Sekolah SD Negeri Perwira VI Kota Bekasi, Salya Purwaganda, saat bersan Dua orang siswanya.  FOTO : M. Dofir Ibrahim 

Juga implementasi moto tersebut diatas, Salya berusaha agar sekolah benar benar sebagai sistem sosial.

“Pertama, sekolah sebagai sistem sosial maka sekolah harus memiliki hubungan baik dengan berbagai komponen atau unsur, salah satunya dengan masyarakat harus berjalan dengan baik. Kedua, hubungan sekolah dengan para pihak stakeholder juga harus baik. Ketiga hubungan interpersonal antara warga sekolah harus berjalan dengan baik, dan keempat sekolah menjadi pusat pendidikan kebudayaan dan inovasi yang bermanfaat bagi lingkungannya,” terang Salya.

Berikut Visi- misi dan prestasi SDN Perwira VI:

Visi:
Terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas, berbudaya, dan berakhlak mulia.

Misi:
1. Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif melalui berbagai pemecahan kasus.

2. Melaksanakan pembelajaran membaca Al- Quran secara berkesinambungan dari kelas 1 sampai kelas 6 untuk memastikan bahwa lulusan telah hafal surat-surat dalam juz Amma.

3. Melaksanakan proses pembelajaran yang menginternalisaksikan nilai-nilai budaya timur (peduli, tenggang rasa, hidup bersih, saling menghormati) dalam setiap proses pembelajaran.

4. Melaksanakan pelatihan secara berkesinambungan kepada seluruh SDM sekolah untuk mengembangkan kecakapan yang berkaitan dengan bidang studi, keterampilan, mengajar, soft skill, manajemen dan kepemimpinan.

5. Mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler wilayah olahraga dan seni yang berkualitas dalam mendorong siswa untuk dapat menjuarai berbagai lomba olahraga dan seni di tingkat kota.

6. Melaksanakan proses pembelajaran yang aktif inovatif dan menyenangkan.

Prestasi:

2015.
1. Juara harapan 1 MTQ Putra
2. Juara harapan 3 kaligrafi Putri
3. Juara harapan 3 qasidah
4. Juara 3 kaligrafi Putri.

2016.
1. Juara 2 Catur Putra tahun 2016
2. Juara 3 atletik Putri tahun 2016

2017.
1. Juara 1 da Gontor Putra.
2. Juara 3 terompah panjang Putri.

2018.
1. Piala partisipasi Bekasi.
2. Juara 1 lomba kaligrafi (siaga Putri) pesta siaga dan karnaval.
3. Juara 3 lomba Dart game (siaga Putra).
4. Juara 1 lomba futsal SD/MI.

Serta beberapa prestasi lain baik akademik maupun non akademik.

 

Reporter : M. Dofir Ibrahim