SDN VIII Jatiasih: Berikan Contoh Baik Untuk Prestasi Siswa

oleh -201 views
Kepala Sekolah Dasar Negeri VIII Jatiasih Kota Bekasi, Syamsudin

KOTA BEKASI – Harapan untuk menjadikan sekolah lebih baik dengan segudang prestasi adalah tujuan, baik prestasi akademik non akademik termasuk juga prestasi karakter (budi pekerti).

Sekolah sebagai sarana mencerdaskan kehidupan berbangsa, sudah seharusnya memiliki cara atu metode untuk bagaimana sekolah dapat menjadi rumah kedua bagi siswa, menjadikan betah serta nyaman, sehingga semangat belajar tumbuh kembang didalamnya.

“Itu yang terus kami upayakan, bagaimana para siswa dapat senang dan semangat belajarnya, sehingga prestasi akademik nok akademik bisa kami raih dan menjadi kebanggaan bersama,” terang Syamsudin kepala sekolah SDN VIII Jatiasih kota Bekasi, Senin 10/9/2018 dikantornya.

Sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan semangat belajar para siswa, sejak awal menjabat kepala sekolah pada juli 2016 silam, Syamsudin menghidupkan kegiatan ekskul sebagai kegiatan yang hasilnya terbukti dapat dirasakan.

“Sejak juli 2016 saya menjabat, saya hidupkan kegiatan ekskul seperti drum band, Pramuka juga ada seni bela diri Taekwondo, hasilnya Alhamdulillah siswa kami mampu lebih berprestasi, karena yaitu, semangatnya tambah,” katanya.

Piala Prestasi SDN VIII Jatiasih Terpampang Rapi Di Teras Kelas/Sekolah

Hal yang paling utama dalam mendidik para siswa khususnya dalam pendidikan karakter Syamsudin kemukakan adalah dengan memberikan contoh kepada semua warga sekolah.

“Kiat untuk menjadikan sekolah maju yang saya lalukan ya memberikan contoh baik, selain untuk diri sendiri, juga untuk tenaga pengajar, yang kemudian ditularkan kepada para siswa, salah satunya yakni untuk tidak membuang sampah sembarangan, menyayangi sesama, menghormati kepada yang lebih tua, khususnya kepada orang tua dan guru,”jelasnya.

“Komunikasi, lanjut Syamsudin, juga aktif kami lakukan baik dengan para guru, murid, bahkan dengan orang tua wali murid. Sebagai bentuk evaluasi juga untuk melihat perkembangan siswa”, ungkapnya.

Untuk penguatan pendidikan karakter, Syamsudin mengatakan jika di SDN VII Jatiasih di lakukan dengan beragam jenis kegiatan keagamaan.

“Penguatan pendidikan karakter disini dilakukan dengan pendidikan keagamaan seperti sholat Dhuha, peringatan hari besar keagamaan seperti maulid, Isra Mi’raj dan bahkan bulan haji kemarin kita melaksanakan Kurban,”pungkasnya.

Beberapa prestasi SDN VIII Jatiasih juga terlihat terpampang rapi di teras sekolah yang menunjukan bahwa SDN VIII Jatiasih juga berhasil meraih juara baik di bidang akademik non akademik.

Penulis: M. Dofir Ibrahim