Tanamkan Nilai-nilai Penting Pada Mahasiswa Baru, LPM Fakultas Hukum Gelar KBM

oleh -127 views
Sejumlah mahasiswa baru Fakultas Hukum, saat mengikuti KBM yang digelar LPM fakultas tersebut, di Balai Desa Tlagah, Kecamatan Pengantenan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Kamis 17/10/2019. Foto : Mutammim

PAMEKASAN – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) semesta Mahasiswa Fakultas Hukum Kabupaten Pamekasan angkatan 2019, gelar Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) dengan tema “Mengenal Jati Diri Sebagai Insan Akademisi Guna Merawat NKRI” bertempat di Balai Desa Tlagah, Kecamatan Pengantenan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur (Jatim), Kamis 17/10/2019.

Ketua panitia pelaksana Kemah Bakti Mahasiswa, Moh Khoirul Rahman memaparkan, konsep-konsep acara kemah bakti mahasiswa yang disertai beberapa materi yakni pelatihan karya tulis ilmiah, penyuluhan anti narkoba, wawasan kebangsaan dan juga menagemen organisasi dan kepemimpinan.

“Alhamdulillah kegiatannya ini sangat berjalan dengan lancar dan akan dilanjutkan selama 4 hari kedepan,” ungkap Khoirul, saat di wawancara Kontenindonesia.com di lokasi kegiatan, Jum’at 18/10/2019.

Sementara itu, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum (BEM-FH), Sofi menyampaikan, tujuan digelarnya kegiatan Kemah Bakti Mahasiswa yang pertama ini, diharapkan agar mahasiswa baru mampu dan dapat memahami apa maksud dan tujuan dari acara tersebut, terkait apa saja nilai-nilai yang perlu ditanamkan dilingkungan masyarakat khususnya di Desa Tlagah tempat kemah berlangsungnya kemah ini.

“Intinya agar mahasiswa baru bisa tau nilai-nilai yang harus ditanamkan di masyarakat, dan juga agar mahasiswa baru mampu mengimplementasikan nilai-nilai yang terkait didalam tema acara kemah ini. Jadi temanya itu di angkat supaya mahasiswa baru faham siapa dirinya, dimana tempatnya dan apa peranannya sebagai mahasiswa.” Kata Sofi.

Dekan Fakultas Hukum tersebut, Dr. Nadir SH. MH menegaskan, acara KBM ini adalah acara rutinitas tahunan Universitas Madura. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa baru (Maba), nah dari kegiatan ini, sebenarnya ada beberapa hal-hal penting yang harus kita pelajari bersama.

“Belajar ilmu itu tidak harus di bangku kuliah saja, melainkan dari kegiatan KBM ini juga anda pasti mendapatkan ilmu yang tidak di peroleh di bangku kuliah. Jaga nama baik almamater Universitas Madura khususnya Fakultas Hukum.” Tegasnya.

Salah satu peserta KBM, Deva Z. M menyampaikan, ada hal yang di dapatkan dalam kegiatan KBM ini, salah satunya menemukan jati diri yang sesungguhnya sebagai mahasiswa sesuai tema yang diangkat dalam kegiatan kemah tersebut, juga lebih mengenal dan lebih akrab dengan teman-teman yang lain, sehingga terciptanya tali persaudaraan yang erat. Pungkasnya.

 

Penulis : Mutammim
Editor   : Deni