Tingkatkan Kemampuan Guru, SMAN 1 Cibatu Gelar Workshop ‘HOTS’

oleh -116 views
Workshop peningkatan kemampuan guru dalam menyusun soal berkatagori Higher Order Thinking Skills (HOTS), di SMAN 1 Cibatu, Kabupaten Purwakarta. Senin, 10/12/2018. Foto : M. Dofir Ibrahim 

PURWAKARTA – Seiring terus berkembangnya kemajuan teknologi tidak dapat di hindari, memacu untuk terus berinovasi atau minimal dapat mengikuti. karena tanpa itu, seiring dengan masuknya abad 21 revolusi industri 4.0 menuntut khususnya dunia kependidikan untuk selalu meningkatkan kemampuannya jika tidak mau tertinggal atau di tinggalkan.

Dibuka langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV, Dra. Hj. Otin Martini, M.Pd, SMA Negeri 1 Cibatu Purwakarta menggelar workshop peningkatan kemampuan guru dalam menyusun soal berkatagori Higher Order Thinking Skills (HOTS) selama 3 hari dari mulai hari ini, Senin, 10/12/2018 hingga Rabu, 12/12/2018 di Purwakarta.

Dalam Sambutannya, Otin menyampaikan tentang pentingnya peningkatan kemampuan tenaga kependidikan dalam segala hal, agar segala bentuk perkembangan dapat diikuti dan ditularkan kepada murid.

“Hal positif apalagi tekhnologi untuk majunya dunia pendidikan Harus dipelajari, bahkan harus bisa sampai mahir, karena ini untuk menjawab tantangan kedepan pendidikan yang pastinya semakin kompleks. Termasuk soal HOTS ini, mengajak kita untuk dapat berfikir ke tingkat tinggi, jadi tidak yang biasa-biasa lagi”, Terang Otin.

“Melihat SMAN 1 Cibatu, Lanjut Otin, yang saya dengar bahkan lihat langsung terus seperti kejar tayang, kepala sekolahnya maraton untuk terus mengejar segala bentuk perkembangan, banyak inovasi serta mengemasnya dengan baik dan maju sesuai perkembangan jaman, saya semakin yakin kalau SMAN 1 Cibatu meskipun ada di pinggiran, akan mengalami perkembangan yang luar biasa bahkan bisa setingkat sekolah Provinsi dibandung sana”, jelasnya.

Hal senada juga disampaikan kepala sekolah SMAN 1 Cibatu, Asep Sundu Mulyana. Menurutnya, jangan sampai generasi penerus nantinya hanya bisa menjadi penonton dalam majunya tekhnologi.

“Abad 21 menuntut kita untuk harus tingkatkan kompetensi, sesuai dengan masuknya revolusi industri 4.0. Disitu terjadi penggabungan digital yang sudah ada. Kalau tidak kita ikuti, terus bagaimana nasib anak-anak kita kedepan? ,mau jadi apa mereka ?, apakah akan sekedar jadi penonton ?”, ini tugas kita untuk mempersiapkan mereka sehingga nantinya siap menghadapi segala tantangan”, ungkap Asep

Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Firman Oktora sebagai narasumber, Dedeng sebagai Korwas SMA, Mamat Mudia Permana sebagai Pengawas, serta puluhan guru SMAN 1 Cibatu sebagai peserta.

Reporter : M. Dofir Ibrahim