Akibat Amblas Jalan Yang Nyaris Putus, Arus Lalu Lintas Di Jalan Ini Di Alihkan

oleh -52 views
Jalan Raya Darma Kuningan, Blok Wage, termasuk Desa Kawahmanuk, Kecamatan Cireungit, Kabupaten Kuningan, yang amblas dan nyaris terputus. Konten Jabar / Deni

KUNINGAN – Jalan raya nasional yang merupakan akses utama antara Kabupaten Kuningan dengan Kabupaten Ciamis, di Jawa Barat (Jabar), untuk sementara tidak bisa di lewati kendaraan. Pasalnya, di jalur jalan tersebu yang tepatnya di titik area Jalan Raya Darma Kuningan, Blok Wage, termasuk Desa Kawahmanuk, Kecamatan Cireungit, Kabupaten Kuningan. Pada hari Jum’at 17 Februari 2017, sekira pukul 04.30 WIB, terjadi amblas yang sangat parah, sehingga jalur jalan utam di area tersebut trlihat tampak putus dan tidak bisa di lewati kendaraan apapun.

“Jum’at 17 Februari 2017 pagi tadi, terjadi ambles jalan di area tersebut. Tidak, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana alam jalan itu.” ucap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus, via pesan singkat Whatshapp, Jum’at 17 Februari 2017.

Yusri berujar, Setelah terjadinya bencana alam longsor jalan di area tersebut di ketahui pihak Aaparat Kepolisian, petugas Lantas dari Mapolres Kuningan langsung di tugaskan dan saling berkoordinasi satu sama lain untuk melakukan pengalihan atau rekayasa arus lalu lintas pengguna jalan. Pengalihan arus lalu lintas tersebut, yakni dari arah Kabupaten Kuningan menuju Cikijing, di alihkan jalannya melalui jalur alternatif yang melewati Desa Karanganyar, Darma, Desa Parung, Cidulang kemudia keluar Cikijing.

“Arus lalu lintasnya saat ini sudah di alihkan ke jalur jalan alternatif yang melewati jalan pedesaan.” kata Yusri.

Selain itu terus Yusri, Pengalihan arus lalu lintas tersebut yang dari Kabupaten Kuningan menuju Cikijing dan juga sebaliknya, bisa melalui juga jalur jalan alternatif melalui Desa Jagara, Desa Sakerta bagian timur, Desa Sakerta barat, Desa sukarasa lalu keluar di Desa Cipasung. Kalau untuk kendaraan-kendaraan besar seperti truk, itu di alihkan kembali untuk menuju Jalana Raya Caracas arah Sumber Rajagaluh dan Majalengka, begitu juga sebaliknya.

“Pengalihan arus lalu lintasnya sudah di jalankan oleh para petugas lantas di beberapa titik lokaso,” terang Yusri. ***

Editor : Deni