Antisipasi Gelombang Susulan Covid-19 Pemkab Jember Siapkan Anggaran 150 Milyar

oleh -490 views

JEMBER – Menyikapi munculnya zona merah dalam peta sebaran Covid-19 Kabupaten Jember pada 27 Juni 2021 kemarin ini, Bupati Jember langsung menggelar rapat koordinasi dengan seluruh jajaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jember beserta para Kepala OPD terkait, dan Direktur rumah sakit di Kantor Pemkab Jember, senin (27/06/2021).

Dalam rapat tersebut, Bupati Hendy menyampaikan beberapa arahan untuk mengantisipasi lonjakan kasus baru di antaranya : penambahan ketersediaan Bed Occupancy Rate (BOR) yang saat ini penggunaannya sudah mencapai 70 persen.

Selain itu, Bupati Jember Hendy Siswanto mengintruksikan BPKAD untuk menyiapkan anggaran refocusing sebesar Rp 150 Miliar untuk beberapa kebijakan yang akan diambil “Tolong siapkan anggaran refocusing minimal Rp. 150 M. karena kita akan berlakukan langkah pembatasan aktivitas masyarakat juga tempat yang menimbulkan kerumunan lebih ketat lagi, serta penyekatan mulai tingkat kabupaten hingga RT/RW diaktifkan kembali,” kata Bupati dalam arahannya.

Skema Work From Home (WFH) dengan pola 50 persen di kantor dan 50 persen di rumah diaktifkan kembali bagi seluruh dinas pemerintah, pun penyekatan RT/RW akan diberlakukan bagi wilayah dengan kondisi darurat dimana terdapat kasus positif bahkan kematian akibat Covid-19 “Eselon 1 dan 2 tetap di kantor, untuk eselon 3 dan 4 ini diberlakukan skema 50/50 dalam bekerja, dengan catatan meski bekerja di rumah tidak boleh keluyuran harus tetap ada di rumah” sambung Bupati.

Dengan kebijakan ini dalam waktu seminggu ke depan kondisi diharapkan sebaran Covid-19 di Kabupaten Jember dapat menurun kembali “Ketika menurun, kita gas lagi aktivitas perekonomian warga kita tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Kontributor : anjasmara
Editor           : Abraham