Bupati Jember Resmikan Wayahe Fest Untuk Dukung UMKM Jember

oleh -407 views

Pagelaran Excellent Expo UMKM “Wes Wayahe Fest” menyambut Hari jadi Kabupaten Jember yang ke – 92 Tahun, dibuka oleh Bupati Jember Hendy Siswanto.

Acara yang digelar di Gedung Serba Guna, Sabtu (4/12/2021) tersebut di inisiasi oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Jember.

“Kegiatan ini, untuk menyambut hari jadi kota Jember yang ke 92. Saya ucapkan terima kasih kepada Diskop dan UMKM,” ujar Bupati Jember dalam sambutannya.

Menurutnya, UMKM salah satu kekuatan Kabupaten Jember dalam membangun perekonomian, sehingga produk-produk mereka harus di promosikan. Baik secara manual maupun online.

“Ada 187 UMKM yang ikut dalam kegiatan ini. Tapi promosi seperti ini tidak cukup, pelaku UMKM juga harus bisa mempromosikan produknya, harus
belajar Platform digital, jadi bisa promosikan lewat online,” terang Hendy.

Hendy menilai bahwa UMKM di Jember masih memiliki kesamaan produk antar pengusaha satu dengan yang satunya, sehingga masing-masing dari mereka belum memiliki Ciri khas.

“Artinya, belum ada UMKM kita belum punya Brand, pelaku UMKM harus punya Branding, agar lebih memikat daya tarik pembeli,” katanya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Jember, kata Hendy, akan memberikan pelatihan tentang cara membranding produk, supaya ada keuntungan lebih yang diperoleh pelaku UMKM.

Hendy juga berpesan supaya masyarakat Jember membeli produk lokal daerah. Sebab hal itu dapat meningkatkan perputaran ekonomi warga.

“Karena jika kita membeli produk milik tetangga, maka di lingkungan akan terjadi transaksional, sehingga uang akan berputar di wilayah tersebut, jika hal ini dilakukan ekonomi kita pasti akan membaik,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jember Arismaya menjelaskan, kegiatan seperti itu akan selalu digelar setiap tahun, sebagai ajang kompetisi bagi pemiliki produk lokal.

“Acara ini akan jadi agenda tahunan, sebagai ajang promosi UMKM yang dimiliki masyarakat Jember dan juga akan di biayai pemerintah kabupaten Jember,” Tandasnya.

Kontributor : Anjasmara B

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.