Dengan Inovasi Celengan, Desa Awiluar Sabet Reward Sepedamotar Juara PBB-P2 2023

oleh

CIAMIS – Kebanggaan luar biasa bagi Kades Awiluar, Momon Abdul Rahman lantaran berkat kesadaran warga desanya membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB-P2) dengan inovasi Celengan PBB hingga pada Tahun 2023 dianugrahi Desa Juara PBB P2P oleh Pemkab Ciamis serta mendapatkan reward satu unit sepedamotor dari Bupati Ciamis.

 

Momon Kades yang menjabat dari tahun 2021 hasil Pilkades menjelaskan kepada kontenindonesia,com kenapa ia berinovasi Celengan PBB, “Berat memang bayar PBB jika di bayar dalam tempo sekaligus, saya memberikan pemahaman kewajiban dan ketaatan membayar pajak untuk keberlangsungan pembangunan,” ujar Momon di Kantor Desa Awiluar, Kecamatan Lumbung, Jumat (19/1/2024).

 

Setelah memberikan pemahaman dengan himbauan dan sosialisasi diantaranya saat pengajian bulanan, lalu diadakan musyawarah desa dan menganggarkan belanja 1500 buah celengan dari dana bagi hasil pajak lalu disebarkan kepada warga masyarakat.

 

Lanjutnya, Targetan Desa Awiluar menyetor PBB tahun 2023 lebih kurang Rp 82 jutaan dengan Rp 73 Jutaan diperoleh terkumpul dari Celengan PBB, “Nyatanya di sini ada para wajib pajak yang memiliki objek pajak di Desa Awiluar namun berdomisili di luar,  itulah yang ada kesulitan petugas kolektor karena harus pakai waktu dan harus ada SPPT asli. WP ( wajib pajak) tersebut itu minta SPPT asli,” ujar Momon, rasa syukur dipanjatkan karena masyarakat atau para WP  sadar terhadap bayar pajak.

 

Kades Awiluar berkisah,  pembongkaran celengan dari rumah warga per tanggal 1 Desember itu 2023 dipungut  petugas kolektor desa  bersama-sama orang kecamatan, “Rame-rame dipungut, dan uangnya sekarang dimasukkan dulu ke kas desa diamankan (untuk pembayaran tahun 2024). Jadi ketika Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang keluar dari Bapenda baru uang tersebut dibayar kantor langsung,” ujar Kades.

 

Targetan PBB P2P untuk Desa Awiluar tahun 2004 diperkirakan sekitar Rp 81 jutaan, “Sekarang sudah masuk angka Rp 54 238 300,- berarti  sudah mencapai 66, 5%,” kata Kades menuju kembali menjadi Desa Juara PBB berikutnya.

 

Apresiasi disampaikan Kades Momon kepada para WP di wilayahnya lantaran menyambut baik inovasi Celengan PBB, “Bukan PBB-P2 saja di desa Awiluar. Selama saya jadi pemimpin Desa Awiluar adalah desa yang terbesar di Kecamatan Lumbung untuk infaq dan shodaqohnya per bulan kisaran 6 -7 juata dari desa untuk kebaikan. Jadi Desa Awiluar itu bukan hanya juara di pembayaran PBB tapi juga ranking 1 di Kecamatan Lumbung urutan BAZNas urusan infaq shodaqohnya.” Pungkas Momon Abdul Rahman.

 

 

Penulis : Abraham Mahmoud

Sumber : Liputan