KA Argo Parahyangan Anjlok. Humas KAI : Sama Sekali Tidak mengganggu Perjalan Kereta Api Lainnya

oleh -98 views
Kereta Api (KA) Argo Parahyangan jurusan Bandung-Jakarta yang alami anjlok sesaat hendak menepi Stacion KA Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar). KONTEN INDONESIA / Foto Istimewa

KOTA BANDUNG – Kereta Api (KA) Argo Parahyangan jalur Bandung-Jakarta, anjlok saat melaju dalam kecepatan rendah. Sehingga, peristiwa anjloknya KA tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, hanya saja sekitar 475 penumpang harus berjalan kaki sepanjang kurang lebih 40 meter dari lokasi anjlok ke Peron Stasiun Kota Bandung.

“Alhamdulilah tidak ada yang luka-luka, karena KA-nya sudah hampir mengakhiri dan hampir sampai ke peron, hanya anjlok sebelum nyampe. Kecepatannya juga 5-10 km per jam, dia sudah nyaris berhenti,” ungkap Joni Martinus, humas Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung. Rabu, 24/01/2018.

Joni menjelaskan, dari 10 gerbong KA itu, tiga gerbongnya anjlok keluar dari jalur rell. Gerbong seberat 20 ton yang anjlok adalah gerbong urutan ke 2, 3, dan 4. Mengingat beratnya gerbong, sehingga evakuasi kereta harus menggunakan alat berat.

“Jadi rodanya itu tergelincir dari rell jatuh disamping rell. Alhamdulillah evakuasi gerbongnya hampir selesai, dan pas anjlok gerbong hanya miring saja,” jelas Joni.

Joni menambahkan, saat KA-nya anjlok, para petugas langsung mengevakuasi para penumpang. Petugas juga segera mengembalikan gerbong ke jalurnya lagi.

“Jadi proses evakuasinya cepat, sehingga gerbong tersebut kembali normal. Kita gunakan alat berat crane dan dongkrak manual untuk mengangkat gerbong untuk mengembalikan pada jalurnya lagi,” terang Joni.

Anjloknya kereta, di katakan Joni, sama sekali tidak mengganggu perjalan kereta api lainnya.

“Kedatangan KA sama sekali tidak terdampak. Artinya, semua kereta api yang datang dari barat maupun timur dalam kondisi normal, masih bisa dilayani,” jelasnya.***

 

Sumber : Kompas.com