Puskesmas Payungsari Door To Door Berikan Layanan Vaksinasi Covid19

oleh -316 views

CIAMIS – Puskesmas Payungsari menggelar vaksinasi Covid-19 secara jemput bola atau door to door kepada warga, Jumat (24/12/2021). hari ini Kapus Payungsari bersama Kasubag TU keliling langsung menyasar warga yang belum mendapatkan vaksinasi di Kampung Pamekaran, Desa Payungagung, Kecamatan Panumbangan.

Kapus Payungsarui, Babang Suganda, S. KM mengatakan, pihaknya menggelar vaksinasi door to door merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat, “Door to door adalah upaya pemerintah untuk mempermudah masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi Covid-19,” ujarnya.

Babang menambahkan, Puskesmas Payungsari membentuk 7 tim yang di hari itu disebar ke 7 lokasi di wilayah Desa Payungagung, bergerak bersama tim lintas sektor yakni : TNI, Polri, Satgas Covid Kecamatan dan Desa, beserta Kader Posyandu.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak, intruksi langsung pimpinan, agar vaksinasi ini dapat menyeluruh didapatkan masyarakat,” ujar Babang dilokasi vaksinasi yang tersentral di rumah Kader Posyandu Enok Khodijah Rt 04/01 Payungagung.

Ia juga mengatakan, banyak kesibukan warga sehingga belum mendapatkan vaksinasi, dengan ini pemerintah hadir langsung ke lingkungan masyarakat.

“Sebagian warga belum sempat datang ke sentra vaksin yang ada, karena kesibukan kerja dan lainnya. Kami turun langsung datangi warga, ke rumah-rumah,” kata Babang.

Tambahnya, ia mengimbau agar masyarakat tidak takut divaksinasi dikarenakan vaksin aman, sehat, dan halal.

Sementara Kasubag TU Puskesmas Payungsari, Gaga Nugraha, S.KM menambahkan capaian seluruh tim hari itu sejumlah 219 orang, “Rekapan kegiatan vaksinasi di wilayah Desa Payungagung pertanggal 24 Desember untuk dosis 1vaksin Frizer sebanyak 107, dan dosis 2 vaksin Sinovak sebanyak 112 orang,” terang Gaga.

Diharapakan akhir tahun 2021 dari jumlah sasaran capaian vaksinasi bisa 70% dosis 1, dan dosis 2 tembus di 40% hingga Kabupaten Ciamis bisa masuk ke status level 1 PPKM, maka dari itu Tim Vaksinator Puskesmas Payungsari bersama Tim Lintas Sektor ujar Kapus akan terus berupaya hingga diharapkan terciptanya heard immunity.

Sementara itu, Kader Posyandu Mekarjaya I Enok Khodijah menghaturkan terimakasih kepada Tim Vaksinasi “Dengan petugas datang langsung berikan vaksin, warga tidak repot harus datang dan antri ke Puskesmas,” ujarnya.

Dalam hal ini, Enok mengaku keberhasilan heard immunity harus tercapai lantaran itu ujarnya ia merasa bertanggungjawab dibuktikan dengan memfasilitasi warga mendapatkan pelayanan di rumahnya hari itu.

Editor : Abraham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.