Setelah Dihebohkan Penangkapan Teroris, Temuan Mortir Kembali Gegerkan Warga Purwakarta.

oleh -58 views
Mortir peninggalan zaman Belanda ditemukan di Purwakarta. Konten Jabar / Foto Ahmad Maulana
Mortir peninggalan zaman Belanda ditemukan di Purwakarta. Konten Jabar / Foto Ahmad Maulana.

PURWAKARTA – Warga Jalan Raya Sadang atau di kawasan Perhutani Purwakarta Kelurahan Ciseureuh Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta, Senin 26 Desember 2016 dihebohkan oleh penemuan mortir di salah satu lahan milik warga yang berada di kawasan tersebut.

Mortir yang tertanam didalam tanah dengan kedalaman sekitar kurang lebih satu meter dan ditemukan oleh Ade (45) seorang warga, dan langsung melaporkannya kepada polisi. Mendapat laporan tersebut, polisi langsung datang ke lokasi dan mengamankan mortir dengan berat lebih dari 1 kg tersebut.

“Awalnya saya mau menggali bak sampah disini, pas kedalaman kira-kira satu meter, cangkul saya nyentuh benda keras,” ujar Ade.

Ade mengaku awalnya mengira benda yang tertanam tersebut adalah sebuah batu. Namun, setelah diteliti, ternyata benda keras yang mengenai cangkulnya bukanlah batu melainkan sebuah logam.

“Awalnya saya kira itu batu, tapi setelah disingkirkan lagi pasir yang ada disekitarnya, saya kaget ternyata itu sebuah besi, saya bilang ke orang-orang dan katanya bom mortir, saya kaget dan langsung mundur,” katanya.

Mendapat kabar temuan sebuah mortir, polisi pun langsung membuka galian tersebut. Setelah dilakukan penggalian lebih luas, akhirnya ditemukan dua mortir lainnya. Ketiga mortir hasil temuan itu pun langsung diamankan polisi.

“Ini mortir zaman pemerintah kolonial, mungkin masih tertanam disini,” ujar seorang anggota polisi. (Ahmad Maulana)

Editor : Hens Pradhana