Tak Berdayakan Tenaga Kerja Lokal, PT Waskita : Yang Punya Keputusan Adalah BBWS

oleh -3.450 views

LEBAK BANTEN,kontenindonesia – Humas PT Waskita, Andi mengatakan pelibatan atau memberdayakan tenaga kerja lokal (masyarakat sekitar lokasi proyek. Red) adalah pihak BBWS “PT Waskita tidak memiliki Keputusan, yang punya keputusan adalah pihak Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian” Tuturnya.

Pernyataan itu dijelaskan Humas PT Waskita saat didatangi rombongan Aparat yakni, Kepala Desa Lebakkeusik berserta Muspika Kecamatan Banjarsari di dampingi Ormas Badak Banten Perjuangan DPAC Banjarsari langsung turun ke lokasi Pembangunan Saluran Pembangunan Beton dan Perbaikan Jalan Saluran Irigasi yang sedang dilaksanakan oleh PT. Waskita tepatnya di Bendungan Kampung Cibuntu Desa Lebakkeusik Kecamatan Banjarsari-Lebak yang menghubungkan sungai Ciliman sampai dengan Panimbang, selasa (9/3/2021).

“Begini pak, jika ada rekomendasi dari Balai dan intruksi dari Pimpinan Proyek saya, maka kami akan menindaklanjutinya, silahkan Bapak sampaikan saja dulu ke pihak Balai” ujar Andi, dari penjelasan Humas juga terungkap pelaksanaan proyek tersebut di sub kontraktorkan dari PT Waskita kepada PT Sosro Semarang.

Sementara itu, Kepala Desa Lebakkeusik, Abidin menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya bersama pihak Muspika guna mengklarifikasi alasan PT. Waskita tidak memberdayakan tenaga kerja lokal dari warga Desa Lebakkeusik padahal proyek pembangunan beton dan perbaikan jalan saluran irigasi tersebut telah berjalan kurang lebih satu minggu dan menuai perotes warga.

“Pak Andi maksud dan tujuan saya datang ke sini untuk menyampaikan aspirasi masyarakat disini yang ingin diikutsertakan, 60:40 lah atau 40% sebagi pekerja sesuai dengan standar kemampuannya, minimal sebagai tenaga kerja kasar” Ujar Abidin, Camat Banjarsari Asep Raedi, S.Sos, M.SI dalam pertemuan yang singkat itu menyampaikan hal senada agar warga sekitar Desa Lebakkeusik diberdayakan oleh PT Waskita sebagai tenaga kerja kasar mengingat itu sudah menjadi kearifan lokal guna meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

Pertemuan tersebut sempat terjadi bersitegang antara Humas PT. Waskita dengan Ketua Ormas Badak Banten Perjuangan DPAC Banjarsari, Herdi ketika ada pertanyaan keberadaan Pimpinan Proyek (Pimpro) PT Waskita yang absein dalam pertemuan.

“Maaf Pak Andi untuk pimpinan Proyek PT Waskita Siapa ya, bisa gak suruh ke sini” Ujar Herdi. Namun Herdi belum sempat bicara banyak, Andi langsung naik pitam dan balik bertanya “Anda dari mana, ormas mana?”.

Herdi pun menjawab dari Ormas Badak Banten Perjuangan, dan menerangkan maksud dan tujuan dirinya bersama teman-temannya hadir dalam pertemuan tersebut karena di pinta oleh warga Desa Lebakkeusik untuk menyampaikan aspirasinya pada PT Waskita.

Kontributor : Suprianto
Editor : Abraham