Diduga Fasilitasi Kampanye Calon Bupati. Panwaslu : Sebagai Kepala Desa Terlibat Kampanye Calon, Itu Salah Besar

oleh -67 views
Hj. Iti Jayabaya (tengah berdiri), Calon Tunggal Bupati Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, yang berpasangan dengan H. Ade, saat sosialisasi di kediaman Kasepuhan Ciherang tersebut. Rabu, 21/03/2018. KONTEN INDONESIA / Supriyanto 

KAB LEBAK – Kampanye (Sosialisasi) Calon Bupati Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, yang digelar pada Rabu, 21/03/2018 diwilayah Kasepuhan Ciherang, Desa Ciherang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, dinilai belum tepat pada waktunya.

Kampanye yang diduga melibatkan Kepala Desa (Kades) hingga selesai itu, dimulai dari Kasepuhan Ciherang, Kasepuhan Cicarucub Desa Neglasari lanjut ke Kasepuhan Cisungsang Desa Cisungsang, serta Kasepuhan Cisitu Desa Cisitu, Kecamatan Cibeber, hingga Kepala Desa harus meninggalkan tugasnya sebagai pelayan masyarakat.

Seorang Kades berinisial “J” yang diduga ikut terlibat dalam melancarkan penyelenggaraan kampanye tersebut, saat dikonfirmasi via WhatsApp, pada Rabu 21/03/2018 sekira jam 19:40 WIB, enggan memberikan komentar apapun mengenai keterlibatannya dalam acara kampanye itu.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang pejabat Panwaslu Kecamatan Cibeber, Arya, mengatakan, sebetulnya tidak bisa dibenarkan adanya keterlibatan Kepala Desa ataupun Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memfasilitasi hal Kampanye Calon Pilkada, apalgi harus meninggalkan tugas pekerjaannya sebagai Kepala Pemerintahan Desa. Dan juga sekarang belum waktunya atau saatnya untuk melakukan kampanye.

“Kalau seorang Kepala Desa harus ikut-ikutan memfasilitasi Kampanye Pasangan Calon Pilkada, itu tidak bisa dibenarkan. Kan sudah jelas dalam Undang-undang nya, kalau Kepala Desa ataupun Aparatur Sipil Negara (ASN) apalagi Pegawai Negri Sipil (PNS), mereka harus dan dituntut netral. Apalagi sebagai Kepala Desa Harus meninggalkan tugas kerjanya selaku pelayan publik, itu salah besar.” terang Arya, saat dikonfirmasi Kontenindonesia.com di kantor Panwaslu Kecamatan Cibeber. Kamis, 22/03/2018.

Seperti diberitakan Kontenindonesia.com sebelumnya, pada Rabu, 21/03/2018 kemarin, bertajuk “Cabup Tunggal. Hayu Kita Membangun Kabupaten Lebak Bersama-sama“.

Dalam rangka acara silaturahmi sosialisasi kepada Sesepuh Desa Ciherang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Rombongan Calon Bupati (Cabup) Kabupaten Lebak, Hj. Iti Jayabaya, yang berpasangan dengan calon wakilnya, H. Ade, cukup disambut antusias warga masyarakat. Rabu, 21/03/2018.

Pasangan Cbup Cawabup tersebut, yakni Hj. Iti Jayabaya, usungan Partai Demokrat, dan H. Ade diusung oleh Partai PDIP. Paslon itu merupakan Paslon Tunggal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Lebak.

Hingga berita ini diturunkan, Tim Kontenindonesia.com belum mendapat hasil konfirmasi dari pihak Calon Bupati tersebut maupun tim suksesnya.

 

 

 

 

Penulis : Supriyanto
Editor   : Deni