Sebanyak 18 Desa di Kabupaten Pemalang, Gelar Pilkades E Voting Serentak

oleh -275 views
Tiga Calon Kepala Desa Klareyan, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Jateng), saat duduk dikursi atas panggung masing-masing, pasca berjalannya pemilihan Pilkades E Voting, dihalaman kantor Desa Klareya. Minggu, 14/10/2018. Foto : Leo Andri Budi S

KAB PEMALANG – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara E Voting (Melalui Komputer) yang diikuti oleh Tiga Calon Kepala Desa yang digelar Pemerintah Desa Klareyan, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Jateng) dihalaman kantor Desa Klareyan tersebut, dimenangkan oleh Wiharnyo, nomor urut 1 sebagai Kades terpilih, dengan total pendapatan suara kurang lebih sebanyak 2970 suara. Minggu, 14/10/2018.

H. Junaedi, Bupati Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (ketiga kanan baju putih), bersama Wiharnyo, Kades Terpilih (ketiga kiri), saat berfoto bersama seseorang aparat TNI dan tiga orang lainnya, pasca mengunjungi pelaksanaan Pilkades di Desa Klareyan, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang. Minggu, 14/10/2018. Foto : Leo Andri Budi S

Agus Ariyanto, Sekretaris Desa (Sekdes) Klareyan tersebut mengatakan, ketiga calon Kepala Desa (Kades) tersebut, yakni Wiharnyo, nomor urut 1. Tariyan, nomor urut 2, dan K Ahmad Zaenuri, nomor urut 3. Dalam pelaksanaan pemilihannya, para panitia pilkades sengaja menyiapkan sebanyak 11 unit komputer, untuk digunakan warga masyarakat pemilih guna menyalurkan hak pilihnya. Dari 11 unit komputer itu, 4 unit komputernya untuk digunakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) kategori khusus, dan sisanya digunakan di TPS kategori umum.

“TPS kategori khusus itu, yang diperuntukan bagi wilayah kedusunan yang jumlah penduduknya terbanyak. Artinya TPS khusus ini untuk kedusunan terluas yakni di dusun 2. Sementara untuk TPS umum, itu meliputi 3 kedusunan, yakni dusun 1, dusun 3 dan dusun 4. Untuk total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) nya, semuanya sebanyak 8.751. Pasca pelaksanaannya dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga selesai,” kata Agus, saat dijumpai Kontenindonesia.com diruang kerjanya. Minggu, 14/10/2018.

Agus berujar, pasca digelarnya pilkades e voting di Desa Klareyan ini, semuanya berjalan lancar dan kondusif tanpa hambatan apapun. Bahkan saat berjalan menggunakan hak pilihnya, warga terlihat tertib dalam melakukan antrian pada pintu masuk yang telah disediakan.

“Alhamdulillah pelaksanaan pilkadesnya aman dan kondusif, bahkan ada penjagaan dari sejumlah personil TNI, Polri dan linmas untuk pengamanan.” terang Agus.

Terpisah, terkait dengan hal yang sama yakni pilkades di Desa Kendaldoyong, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, seksi bendahara panitia, Hartono menyampaikan, disini juga ada Tiga Calon Kades yang bertarung memperebutkan jabatan Kepala Desa Kendaldoyong, yakni Badrun, nomor urut 1. Kuslantasi, nomor urut 2, dan Surijo, nomor urut 3.

Hartono menyebut, jumlah DPT di Desa Kendaldoyong ini sebanyak 8.542 orang. warga sangat antusias dalam menggunakan hak pilihnya masing-masing, jumlah komputer yang digunakan untuk pemilihannya sebanyak 12 unit komputer. Pelaksanaan pilkadesnya juga lancar tidak ada kendala apapun.

“Hal itu lantaran pihak panitia sudah melakukan berbagai persiapan matang jauh-jauh hari, guna menghindari persoalan yang tidak diinginkan terjadi pasca pelaksanaan pilkadesnya. Untuk pengamanannya sendiri sama, ada pihak dari TNI dan Polri dari linmas juga ada.” singkat Hartono, di lokasi Desa Kendaldoyong tersebut.

Untuk diketahui, pada hari Minggu, 14/10/2018, sebanyak 18 desa di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, yakni 14 desa di Kecamatan Petarukan, 2 desa di Kecamatan Ampelgading, dan 1 desa di Kecamatan Comal, serta 1 desa di Kecamatan Ulujami. Telah melaksanakan Pilkades secara E Voting, Bupati Pemalang, H. Junaedi, sempat melakukan kunjungan ke beberapa desa yang melaksanakan pilkades tersebut, guna memantau berjalannya pelaksanaan Pilkades E Voting.

 

 

 

Reporter : Leo Andri Budi S
Editor      : Deni