Sekda: Seluruh PNS Di Tuntut Bersikap Netral, Jangan Terkesan Mendukung Satu Calon

oleh -58 views
Gambar pasangan calon Pilkada dan Pilgub. Konten Jabar / Dokumen Ilustrasi

SUKABUMI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., meminta sekaligus menginstruksikan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar netral pada saat jelang dan juga pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Tahun 2018 mendatang. Meski pelaksanaan Pilkada tersebut masih lama yakni sekitar satu tahun lagi,  suasana dan auranya sudah mulai terasa dan menghangat, sebab tahun 2017 ini merupakan tahun politik di Kota Sukabumi dan juga Provinsi Jawa Barat (Jabar). ucap Hanafie, di Sukabumi, Sabtu 18 Maret 2017.

Selain itu kata Hanafie, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi juga meminta kepada seluruh PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar tidak tergiur dan terbawa arus politik, akantetapi harus senantiasa menjaga netralitas dan melaksanakan tugas dengan baik dan optimal, sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tufoksi) serta bidangnya masing-masing.

Maksud dan tujuannya, untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi dalam berbagai bidang. Sebab, apabila PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi terbawa arus politik, akan berimbas pada penurunan pelayanan publik di Kota Sukabumi. terang Hanafie.

Hanafie menjelaskan, Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), setiap PNS dengan alasan apapun sangat tidak di perbolehkan terlibat dalam politik, sebab, mekanisme pemerintahan tidak boleh terganggu oleh alur kepentingan politik. Dengan demikian, setiap PNS harus tetap fokus melayani segenap lapisan warga masyarakat, serta harus terlepas dari alur kepentingan politik, supaya tidak ada sekat yang dapat mempengaruhi terhadap kualitas pelayanan publik.

Meski demikian, setiap PNS juga harus terlibat dan berperan serta dalam pelaksanaan dan menyukseskan Pilkadanya. Karena yang tidak di perbolehkan untuk setiap PNS tersebut, yakni terlibat di dalam lautan politik praktisnya, serta ikut-ikutan mendukung salah satu Pasangan Calon yang berkesan tidak netral.

Selanjutnya Sekretaris Daerah Kota Sukabumi juga meminta kepada seluruh PNS di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal menyukseskan berbagai program yang di laksanakan oleh Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam tahun 2017 ini.

Karena di katakan Hanafie, Pemerintah Kota Sukabumi, dalam tahun 2017 ini sedang berfokus merealisasikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan untuk merealisasikan rencana tersebut, di perlukan adanya keterlibatan dan keseriusan dari seluruh PNS di setiap SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.***

Editor : Deni

 

 

Bedanews.com