Tarik Perhatian Masyarakat, Cagub Cawagub Jabar Siap Tangani Problem Sungai Citarum

oleh -85 views
Purnawirawan Sudrajat, Cagub Jabar yang di usung Partai PKS dan PAN. KONTEN INDONESIA / Jabarekpres.com

BANDUNG – Tidak hanya Cagub dan Cawagub, TB Hasanuddin dan Anton Charliyan yang di usung oleh Partai PDIP, jika menang dalam Pilgub Jabar 2018 akan konsen menangani permasalahan Sungai Citarum.

“Untuk masalah ini (Sungai Citarum), harus mampu melakukan pendekatan kepada banyak masyarakat dan pabrik-pabrik yang membuang (limbah) ke aliran Sungai Citarum. Itu semua harus kita dekati, berikan edukasi supaya limbah tidak di buang ke Citarum,” kata TB Hasanuddin, seperti di beritakan beberapa media. Jum’at 09/02/2018.

Bakal Cagub Cawagub lainnya, pasangan Sudrajat dan Ahmad Syaikhu yang di usung oleh Partai Gerindra, PKS dan PAN, juga memiliki tujuan yang sama untuk menuntaskan permasalahan Citarum.

Purnawirawan TNI Jendral berbintang dua itu beradu program untuk menangani sungai terpanjang di Jawa Barat (Jabar), yang memiliki hulu di Kabupaten Bandung dan bermuara di Kabupaten Karawang, Jabar.

“Program untuk menangani Citarum??? Program nya adalah beberesih (membersihkan Citarum). Masalah Citarum harus segera di selesaikan bersama-sama oleh pemerintah Kabupaten maupun Kota, hingga Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat,” kata Kang Ajat, sapaan akrab Sudrajat, kepada wartawan di Lapangan Warung Lobak, Katapang. Sabtu, 10/02/2018.

Menurutnya, masalah Citarum merupakan masalah bersama yang harus segera di selesaikan. Pasalnya, sumber air Sungai Citarum tidak hanya di gunakan oleh warga Jabar, tapi juga oleh warga DKI Jakarta.

“Masalah daerah aliran sungai merupakan tanggungjawab pemerintah pusat, sehingga semua harus bersama-sama. Yang penting adalah masyarakat nya harus bisa bersih, jadi jangan sampai sampah maupun air cucian di buang ke Sungagi Citarum, itu salah besar.” ujarnya.

Selain itu kata Ia, mengajak kepada warga Jawa Barat untuk menjaga dan melestarikan Sungai Citarum.

“Mari rubah perilaku seperti sebelumnya itu, kita rubah mindset kita, kebiasaan kita, jangan membuang limbah ke sungai,” pungkasnya.***

 

 

 

Sumber  : Jabarekpres.com
Editor     : Deni